nusabali

Dewan Minta Tidak Buang Limbah ke Laut

  • www.nusabali.com-dewan-minta-tidak-buang-limbah-ke-laut

Kadis LHP mengatakan, ada pipa yang dialirkan ke laut namun untuk drainase air hujan.

SEMARAPURA, NusaBali

Komisi II DPRD Klungkung menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (Dinas LHP) Klungkung di gedung DPRD Klungkung, Senin (13/3) siang. Wakil Ketua Komisi II, Putu Sri Handayani menyoroti indikasi pembuangan limbah industri pariwisata ke laut. Menurut Sri Handayani, dari beberapa kali observasi di Kecamatan Nusa Penida, mendapat informasi jika pelaku wisata ada buang limbah ke laut.

Saat mendapatkan informasi aksi buang limbah industri pariwisata ke laut, Sri Handayani langsung berkoordinasi dengan Kadis LHP Klungkung I Ketut Suadnyana. Dinas LHP Klungkung langsung turun ke lapangan. “Kata Kadis LHP, dari 12 lokasi yang dijajaki, semua sudah memiliki septic tank dan pembuangan limbah,” kata Sri Handayani. Menurut Sri Handayani, Dinas LHP harus tetap melakukan edukasi. “Saya minta terus memberikan edukasi jangan sampai ada yang membuang limbah ke laut karena bisa merusak lingkungan,” pinta Sri Handayani.

Kadis LHP Klungkung I Ketut Suadnyana mengaku sudah turun langsung ke lokasi industri pariwisata yang diinformasikan membuang limbah ke laut. Setelah dicek semua memiliki septic tank dan tempat pembuangan limbah. Diakui, ada pipa yang dialirkan ke laut namun itu untuk drainase air hujan. “Kami sudah cek dan tidak ada yang membuang limbah ke laut,” tegas Suadnyana. Selain menyoroti limbah, Komisi II juga meminta pemerintah desa dan pengelola TPA (Tempat Pembuangan Akhir) selalu berkoordinasi dengan Dinas LHP untuk memaksimalkan penanganan sampah. *wan

Komentar