nusabali

Pohon Kendal Timpa Dapur Warga

  • www.nusabali.com-pohon-kendal-timpa-dapur-warga

AMLAPURA, NusaBali
Pohon kendal timpa dapur warga Banjar Mumbul, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem I Wayan Jawi, Sabtu (11/3) pukul 14.00 Wita.

Akibatnya, bagian atap dapur rusak, gentengnya jatuh berserakan. Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem melakukan penanganan di bawah koordinasi Kepala Pelaksanaan Ida Bagus Ketut Arimbawa, setelah menerima laporan Kelian Banjar Dinas Mumbul I Wayan Sudarma.

Pohon kendal yang akarnya telah keropos, tumbang menimpa di bagian sudut bangunan dapur. Bangunan dapur ini dengan dinding setengah tembok dan gedeg. Hanya saja kerusakan yang terjadi di bagian atap saja, beberapa bilah genteng jatuh berserakan menyebabkan atap berlubang.

Petugas melakukan penanganan dengan memotong dahan dan ranting pohon kendal, selanjutnya BPBD Karangasem membawakan bantuan berupa, paket sembako, matras, selimut dan sarung.

"Kami hanya memiliki bantuan itu, sehingga bantuan sekadarnya untuk meringankan beban sosial korban," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Mestinya, kata Ida Bagus Ketut Arimbawa, bantuan berupa terpal, bisa untuk menutup atap yang bocor. "Terpal habis, makanya kami tidak menyelipkan bantuan jenis itu," tambahnya.

Korban I Wayan Jawi mengatakan, sebelum kejadian, terjadi hujan, selanjutnya pohon kendal tumbang. "Memang pohon kendal itu telah berusia tua, bagian daun-daun pohon dan akarnya telah keropos, rawan tumbang," katanya.

Atas kejadian itu  katanya, dapur rusak, dalam waktu dekat berupaya meminta bantuan kerabat untuk gotong royong melakukan pebaikan.*k16

Komentar