nusabali

Ratusan Personel Siaga Pengamanan Kunjungan Presiden

Pamedek Sementara Lewat Jalur Timur Pura Besakih

  • www.nusabali.com-ratusan-personel-siaga-pengamanan-kunjungan-presiden

DENPASAR, NusaBali
Ratusan prajurit Korem 163/Wirasatya siaga pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Iriana Joko Widodo dan rombongan yang melakukan kunjungan kerja ke Bali pada, Senin (13/3) hari ini.

Kesiapan ratusan prajurit terlatih untuk pengamanan VVIP itu dicek langsung Darem 163/Wirasatya Brigjen TNI Choirul Anam dengan melaksanakan apel gelar pasukan, Sabtu (11/3).

Apel gelar pasukan yang digelar di Lapangan Makorem 164/Wirasatya, Jalan PB Sudirman, Denpasar tersebut dihadiri oleh Karoops Polda Bali, Para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, Binda Bali, Lanal Denpasar, Lanud Ngurah Rai Bali, Kabag Dal Ops Polda Bali, Kabag Bin Ops Polda Bali, Kasubdit Dalmas Polda Bali, Kabag Ops Polresta Denpasar, dan Kapolsek Kuta Selatan.

Kunjungan kerja Presiden kali ini dalam rangka penandatanganan prasasti di Pura Agung Besakih dan meninjau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kota Denpasar. Sore harinya kepala negara dan rombongan direncanakan menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam setiap pelaksanaan pengamanan VVIP, Kodam IX/Udayana selalu bersinergi dengan Polda, pemerintah daerah dan unsur pendukung lainnya melaksanakan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI dengan mengerahkan personel yang cukup banyak. "Agar tujuan dan sasaran pengamanan baik objek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat tercapai dengan optimal, maka dalam pelaksanaannya diperlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien," tegas jenderal bintang satu di pundak ini.

Presiden dan rombongan direncanakan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin hari ini pukul 10.20 Wita. Presiden dan rombongan langsung menuju ke Pelataran Pura Besakih, Karangasem. Pukul 12.52 Wita Presiden dan rombongan menuju ke rumah Luwih di Gianyar. Pukul 14.40 Wita Presiden menuju ke TPST Kertalangu, Denpasar Timur. Pukul 15.35 Presiden dan rombong kembali ke Bandara Ngurah Rai untuk meneruskan perjalanan ke Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Sementara jelang kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan bangunan di Kawasan Suci Pura Besakih, krama Banjar Palak, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem melakukan perbaikan jalan alternatif khusus untuk pamedek di jalur timur. Sebab, selama Presiden Jokowi di Pura Besakih, berlaku larangan pamedek melintas di jalur tengah.

"Makanya kami perbaiki jalan jalur timur untuk kelancaran pamedek, selama Senin (13/3)," jelas Kelian Banjar Dinas Palak I Wayan Kerta di sela-sela gotong royong, Minggu (12/3).

Krama Banjar Palak yang melakukan gotong royong dengan melakukan perbaikan akses jalan rusak di jalur timur dari Banjar Palak menuju Pura Kiduling Kreteg, Banjar Kiduling Kreteg, Desa Besakih. Perbaikan itu dengan cara menambal setiap jalan-jalan berlubang dengan campuran beton.

"Masyarakat bukan sekadar melakukan gotong royong juga mengeluarkan material semen, dan pasir, membuat campuran beton untuk menambal jalan-jalan berlubang, agar pamedek lancar melakukan persembahyangan," jelasnya.

Kelian Banjar Adat Palak, I Gusti Ngurah Alit yang juga hadir bergotong royong menambahkan akses jalan di bagian timur Pura Besakih, dari Banjar Palak menuju Banjar Kiduling Kreteg sudah cukup lama rusak. Jika menunggu perbaikan dari pemerintah, prosesnya lama. "Makanya kami berinisiatif melakukan perbaikan secara gotong royong dengan mengeluarkan semen, pasir dan kerjakan bersama," katanya.

Akses jalan yang rusaknya paling parah katanya, di pertigaan menuju Pura Kiduling Kreteg, lubangnya semakin dalam, kendaraan roda empat kesulitan melintas.

Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna telah berkoordinasi dengan Polres Klungkung dan Polda Bali, terkait pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Pura Besakih, Senin (13/3).

Terpisah jajaran Polres Karangasem akan melakukan pengamanan mulai dari perbatasan Klungkung dengan Karangasem, tepatnya di Objek Wisata Bukit Jambul, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, kemudian ke arah utara jalur Pura Besakih, melintasi Desa Nongan, Desa Rendang dan Desa Menanga.

"Kami juga fokus melakukan pengamanan di jalur padat penduduk, yang akan dilewati rombongan presiden, terutama di Banjar Menanga Kawan, Banjar Tegenan di Desa Menanga. "Di samping petugas bersiaga memasuki Desa Besakih, tepatnya di Banjar Kedundung dan Besakih Kangin, " jelasnya. Sebanyak 352 personel disiagakan, melibatkan petugas Polres dan Polsek se-Karangasem. Pamedek akan melakukan persembahyangan tetap terlayani melalui jalur timur Pura Besakih, melintasi Banjar Batusesa, Banjar Palak, dan Banjar Kiduling Kreteg. "Ada petugas mengarahkan pamedek, " katanya. *pol, *k16

Komentar