nusabali

Bertemu Krama, Kapolsek Abiansemal Siapkan Pengamanan Rangkaian Nyepi

  • www.nusabali.com-bertemu-krama-kapolsek-abiansemal-siapkan-pengamanan-rangkaian-nyepi

MANGUPURA, NusaBali.com – Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra bertemu dengan perwakilan krama Kecamatan Abiansemal di Aula SMAN 2 Abiansemal pada Jumat (10/3/2023) pagi.

Kegiatan serangkaian program Jumat Curhat itu mempertemukan pimpinan tertinggi di jajaran Polri di Kecamatan Abiansemal itu dengan komponen adat setempat.

Pada kesempatan tersebut Polsek Abiansemal bersama Majelis Desa Adat (MDA) Kecamatan Abiansemal dan komponen pemerintahan di tingkat kecamatan menyerap kritik dan saran persiapan pengamanan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945.

Kompol Sudarma mendapati ada dua problem yang diajukan oleh perwakilan Yowana Abiansemal dan perwakilan pecalang se-Kecamatan Abiansemal. Dua isu yang diajukan adalah soal miras pra pengarakan ogoh-ogoh dan pengamanan melasti.

“Pada saat pangrupukan yang menjadi perhatian bagi kami adalah Antisipasi konsumsi miras sebelum pengarakan. Tindakan ini bisa memicu konflik antarpemuda,” tutur I Made Winaya, perwakilan Yowana Abiansemal.

Oleh karena itu, Winaya berharap ada keterlibatan Polri dalam pengamanan dan memberikan imbauan langsung kepada peserta parade ogoh-ogoh.

Atas curhatan kalangan krama muda di wilayah hukumnya itu, Sudarma menyanggupi mengerahkan anggotanya secara optimal pada saat malam Nyepi. Mantan Kapolsek Negara ini berharap tidak ada tindakan yang bisa menodai kesucian rangkaian Hari Suci Nyepi.

“Kami akan perintahkan anggota khususnya Bhabinkamtibmas untuk bersentuhan langsung dengan para pemuda agar memberikan imbauan gerakan tanpa miras sebelum pengarakan ogoh-ogoh,” jawab Sudarma.

Sementara itu, Putu Ardika, perwakilan pecalang se-Kecamatan Abiansemal menyebut para pecalang mengalami kendala ketika mengawal kegiatan melasti keluar wilayah kecamatan.

Rute yang jauh dan kondisi lalu lintas yang tidak tertebak cukup menyulitkan pecalang yang secara hukum positif tidak memiliki kewenangan mengintervensi lalu lintas. Oleh karena itu, Ardika berharap ada keterlibatan langsung Polsek Abiansemal dalam pengawalan melasti.

“Kami mohon kepada Bapak Kapolsek untuk memberikan bantuan pengawalan kepada desa adat saat melakukan melasti keluar wilayah kecamatan,” kata Ardika.

Sudarma mengakui bahwa kendaraan dinas pengawalan di Polsek Abiansemal memang terbatas. Sebabnya, beberapa tugas memang belum berjalan optimal. Akan tetapi, Sudarma berencana mengerahkan Bhabinkamtibmas setiap desa yang sudah memiliki kendaraan sendiri.

“Jadi nanti Bhabinkamtibmas yang sudah ada Kendaraan jalan di depan kemudian diikuti pecalang. Boleh menyalakan lampu rotator namun tidak boleh membunyikan sirine,” tegas Sudarma.

Kompol Sudarma berharap pertemuan dalam Jumat Curhat ini membuahkan sinergi dan kesamaan persepsi sehingga proses pengamanan di lapangan nantinya bisa berjalan optimal. *rat

Komentar