nusabali

Jokowi Resmikan Tambak Udang Modern Terbesar

  • www.nusabali.com-jokowi-resmikan-tambak-udang-modern-terbesar

KEBUMEN, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kawasan tambak budidaya udang berbasis kawasan (BUBK) di Kebumen, Jawa Tengah.

Artinya tambak udang yang disebut menjadi terbesar di Indonesia sudah resmi beroperasi mulai Kamis (9/3). "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim siang hari ini saya resmikan tambak budidaya udang berbasis kawasan di Kabupaten Kebumen," kata Jokowi dalam peresmian kawasan Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Jawa Tengah, seperti  dilansir detikcom, Kamis (9/3).

Jokowi menambahkan tambak udang berbasis kawasan di Kebumen menjadi yang terbesar dengan luasan yang saat ini sudah terbangun mencapai 60 hektare berisi 149 petak tambak. Untuk produktivitas mampu menghasilkan 40 per hektare per tahun.

"Dan kawasan budidaya udang ini menghabiskan anggaran Rp 175 miliar, ini akan menjadi sebuah contoh nanti bisa copy provinsi lain, kabupaten lain dengan menjemen modern," jelasnya.

Dalam peresmian juga hadir Menteri Perikanan dan Kelautan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pemerintahan Daerah Kabupaten Kebumen, dan Bupati Sumba Timur Kristofel Praing.

Sebagai informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebut pembangunan tambak budidaya udang berbasis kawasan di Kebumen sekaligus untuk mencapai target produksi udang nasional 2 juta ton pada 2024. Sehingga Indonesia berkontribusi lebih banyak lagi pada kebutuhan pasar udang dunia yang nilainya mencapai US$ 28,3 miliar pada tahun 2021.

Tambak ini menerapkan konsep tambak ramah lingkungan, dengan peningkatan teknologi seperti penerapan tandon, saluran inlet dan outlet terpisah, penerapan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), peningkatan padat tebar, pengaturan petak pemeliharaan, mekanisasi seperti kincir dan pompa, serta manajemen kesehatan ikan dan udang. *

Komentar