nusabali

Kantong Pemilih Besar, Golkar Buleleng Bidik 2 Kursi di Dapil Kota

  • www.nusabali.com-kantong-pemilih-besar-golkar-buleleng-bidik-2-kursi-di-dapil-kota

SINGARAJA, NusaBali
Pecah dapil (daerah pemilihan) di Kabupaten Buleleng pada Pemilu 2024 membuat Golkar makin optimis merebut peluang.

Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Buleleng menargetkan 2 kursi DPRD Buleleng untuk dapil I (Kecamatan Buleleng) alias wilayah kota. Total Golkar membidik 10 kursi dari 45 kursi yang tersedia, dengan target di setiap dapil ada 1 kader yang lolos.  

Ketua Bappilu Golkar Buleleng Nyoman Gede Wandira Adi, Kamis (9/3) mengatakan, Partai Golkar Buleleng merupakan salah satu partai yang getol memperjuangkan pengembangan dapil, dari 6 menjadi 9 dapil.

Kata dia, pada Pemilu 2019 silam, Golkar Buleleng mampu merebut 7 kursi dari total 45 kursi DPRD Buleleng. “Dari enam dapil seluruhnya terisi 1 orang perwakilan. Bahkan di Dapil III (Kecamatan Kubutambahan-Tejakula) ada dua kader Golkar yang lolos,” ujar Wandira Adi.

“Dari hitung-hitungan kami di Bappilu dengan 9 dapil saat ini, Partai Golkar bisa meraih 10 kursi, astungkara bisa jadi 11 kursi. Ini sedang kami perjuangkan untuk keberimbangan antara DPRD dengan Eksekutif, trias politika, demokrasi ini akan sehat kalau ada keberimbangan,” terang Wandira Adi.

Sementara, target dua kursi di Dapil Kecamatan Buleleng menurut Wandira Adi, karena jumlah desa dan kelurahan sangat banyak dibandingkan kecamatan lainnya di Buleleng. Sehingga sudah jelas pemilihnya juga besar. Menurut dia, 29 desa/kelurahan di Kecamatan Buleleng menjadi beban berat bagi caleg yang berhasil duduk di DPRD Buleleng. Terutama saat menyampaikan aspirasi dan menjembatani kebutuhan dan keperluan masyarakat. “Saya sendiri dari dapil kota sendiri memfasilitasi 29 desa/kecamatan, lumayan berat menyuarakan ciri Partai Golkar yakni Karya dan Kekaryaan. Hingga 2024 mendatang sepakat bahu membahu untuk meningkatkan kursi di dapil kota,” ungkap  politisi senior yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Buleleng ini. *k23

Komentar