nusabali

Bertepatan Nyepi, Umat Islam Diimbau Tarawih di Rumah

  • www.nusabali.com-bertepatan-nyepi-umat-islam-diimbau-tarawih-di-rumah

NEGARA, NusaBali
Pelaksanan tarawih perdana Ramadan 1444 Hijriyah, akan jatuh bertepatan dengan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945 pada Rabu (22/3) mendatang.

Terkait hal tersebut, Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Kabupaten Jembrana telah menyepakati agar pelaksanaan tarawih pertama nanti, cukup dilakukan dengan salat tarawih di rumah.


Ketua FKUB Jembrana I Komang Arsana, Kamis (9/3), mengatakan, sebelumnya telah menggelar rapat bersama seluruh jajaran FKUB Jembrana untuk membahas seruan bersama terkait Nyepi. Rapat tersebut, sebelumnya digelar di Kantor Kementerian Agama, Selasa (7/3) lalu.

"Dari rapat itu, intinya semuanya sepakat menghormati pelaksanaan Nyepi. Pas Nyepi, seluruh umat beragama di Jembrana diimbau melaksanakan peribadatan di rumah. Termasuk berkaitan dengan tarawih Ramadan," ucap Arsana.

Secara umum, Arsana mengaku, dalam pelaksanan peribadatan saat Nyepi nanti, dilaksanakan tanpa pengeras suara. Pembatasan itu pun hanya berlaku selama sehari pelaksanaan Nyepi pada Rabu (22/3) pukul 06.00 Wita hingga Kamis (23/3) pukul 06.00 Wita.

"Seruan bersama sudah ditandatangani semua perwakilan umat.  Tetapi sementara ini belum kami sebar karena masih ada tanda tangan beberapa jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang belum lengkap. Nanti segera akan kami mintakan tandatangan agar bisa segera diedarkan," ujar Arsana yang juga Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jembrana ini. *ode

Komentar