nusabali

Hari Musik Nasional 9 Maret, Ternyata Begini Sejarahnya

  • www.nusabali.com-hari-musik-nasional-9-maret-ternyata-begini-sejarahnya

Inilah sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret yang jarang diketahui.

DENPASAR, NusaBali.com - Seperti yang kita ketahui, peringatan Hari Musik Nasional yaitu setiap tanggal 9 Maret.

Namun, tak banyak orang tahu mengenai sejarah  lahirnya Hari Musik Nasional 9 Maret ini.

Ternyata, penetapan Hari Musik Nasional ini disesuaikan dengan tanggal lahir seorang komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman atau W.R. Supratman.

Sebagaimana dikutipo laman Kemendikbud, Kamis (9/3/2023) tentang sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres No.10 Tahun 2013 telah memutuskan penetapan Hari Musik Nasional.

Dalam Keppres itu disebutkan bahwa musik merupakan ekspresi bersifat universal.

Selain itu, juga bersifat multidimensional yaitu mempresentasikan nilai luhur kemanusiaan dan berperan strategis pada pembangunan nasional.

Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret ditetapkan guna meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para insan musik Indonesia.

Selain itu juga, guna meningkatkan prestasi yang bisa mengangkat derajat musik Indonesia dalam nasional, regional hingga Internasional.

Kemudian, tanggal kelahiran W.R Supratman masih menjadi perdebatan karena berdasarkan pencipta lagu  'Indonesia Raya' ini lahir pada tanggal 19 Maret 1903 dan bukan 9 Maret.

Namun penetapan ini sudah berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29 Maret 2007 dan juga disetujui keluarga WR Supratman.

Jadi, Hari Musik Nasional dijadikan sebagai simbol kebangkitan nasional dan daerah, yang merupakan bentuk apresiasi untuk seluruh musisi tanah air dalam memajukan industri musik.

Itulah sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret yang jarang diketahui.*feb

Komentar