nusabali

Masyarakat Batuan Dapat Pelatihan Membuat Roti dan Kue

  • www.nusabali.com-masyarakat-batuan-dapat-pelatihan-membuat-roti-dan-kue

GIANYAR, NusaBali
Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani membuka pelatihan berbasis Mobile Training Unit (MTU) dengan program pelatihan pembuatan roti dan kue kepada masyarakat Desa Batuan di Puspa Aman Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Rabu (8/3).

Program ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja dalam pengembangan standarisasi kompetensi kerja.

Dayu Surya Adnyani meminta peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan serius. “Ikutilah secara rutin mumpung tempat pelatihannya di desa. Ikuti dan pelajari dengan seksama agar setelah pelatihan dapat menjadi tenaga kerja yang terampil,” pinta Dayu Surya. Peserta pelatihan juga dibekali dengan BPJS Ketenagakerjaan serta uang saku dan sertifikasi uji kompetensi.

Kadisnaker Gianyar mengatakan, uji kompetensi difasilitasi Balai Latihan Kerja (BLK) secara gratis. Jika uji kompetensi sendiri biayanya mencapai Rp 8 juta. “Sertifikat uji kompetensi bisa bapak ibu gunakan melamar kerja. Jika ada yang ingin menjadi enterpreneur atau pengusaha kue dan roti, kami bantu dengan program kredit usaha rakyat dari Bank Daerah Gianyar,” jelas Dayu Surya.

Dengan adanya pabrik roti di Desa Batuan, Dayu Surya mengimbau Perbekel Desa Batuan menggandeng toko roti di desanya merekrut karyawan dari peserta pelatihan. Kepala BLK Kabupaten Gianyar Ni Ketut Dani mengatakan, tujuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang ketenagakerjaan. Mendapatkan tenaga kerja yang terampil, terlatih, dan kompeten di bidangnya. *nvi

Komentar