nusabali

Dekranasda Kabupaten Kampar Berkunjung ke Gianyar

  • www.nusabali.com-dekranasda-kabupaten-kampar-berkunjung-ke-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Rombongan Dekranasda Kabupaten Kampar, Provinsi Riau berkunjung ke Gianyar, Rabu (8/3).

Rombongan dipimpin Ketua Dekranasda Deswita Kamsol. Mereka diterima Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Gianyar I Wayan Sadra didampingi Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Gianyar Ni Luh Gede Eka Suary di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar. Kunjungan ini terkait potensi dan kinerja Dekranasda.

Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Kampar Drs Ali Sabri mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Gianyar sudah lama direncanakan. Alasannya, Kabupaten Gianyar merupakan daerah kerajinan yang sudah dikenal di tingkat nasional maupun internasional. “Gianyar terkenal dengan kerajinannya bahkan dinobatkan sebagai World Craft City,” ujar Ali Sabri. Kunjungan ke Gianyar untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Dekranasda. Apa yang didapat di Kabupaten Gianyar akan coba diterapkan di Kabupaten Kampar, mulai dari kerajinan sandang seperti pakaian dan ukiran.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, Kabupaten Gianyar memiliki banyak industri kecil menengah (IKM) maupun usaha kecil menengah (UKM) yang mendukung sektor pariwisata. IKM dan UKM dapat memberikan daya tarik wisata selain wisata budaya. “Ini tidak terlepas dari dukungan agrowisatanya, kerajinannya, dan sumber dayanya,” kata Wayan Sadra. Di Kabupaten Gianyar terdapat ribuan sentra IKM/UKM yang menyerap ribuan lebih tenaga kerja. “Handicraft di Kabupaten Gianyar sangat mendominasi dengan dukungan Dekranasda,” ujar Wayan Sadra.

Dalam membawahi sentra kerajinan IKM/UKM, Dekranasda Gianyar juga mempromosikan produk-produk kerajinan hasil binaanya melaui event nasional. Seperti IFW di JCC Senayan yang menampilkan hasil karya desainer binaan Dekranasda Kabupaten Gianyar. Di akhir acara penerimaan, Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan cinderamata lambang Pemkab Gianyar. Rombongan Dekranasda Kabupaten Kampar lanjut mengunjungi kelompok pengrajin tenun Putri Ayu di Desa Blahbatuh dan Dekranasda Store di Pasar Seni Sukawati. *nvi

Komentar