nusabali

Tingkatkan Keamanan, Pantai Kuta Dilengkapi 10 CCTV

  • www.nusabali.com-tingkatkan-keamanan-pantai-kuta-dilengkapi-10-cctv

MANGUPURA, NusaBali
Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang berkunjung, Pantai Kuta bakal dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCTV).

Rencana ada 10 CCTV yang akan dipasang di titik-titik strategis. Menariknya satu dari 10 CCTV yang akan dipasang memiliki kualitas tinggi, bisa mendeteksi plat nomor kendaraan hingga penumpang yang ada dalam mobil.

Ketua Tim Koordinasi Penataan Pantai Kuta I Gusti Anom Gumanti, mengatakan pemasangan CCTV di Pantai Kuta sudah diusulkan ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Badung. Dari hasil koordinasi, Pantai Kuta mendapat 10 unit CCTV yang berasal dari CSR. Dari total 10 unit tersebut, 1 unit merupakan memiliki kualitas tinggi yakni bisa mendeteksi orang yang ada di dalam mobil.

“Bicara soal kebutuhan CCTV di Pantai Kuta ini memang sangat banyak. Bentangan pantai mencapai 4 kilometer tentu membutuhkan banyak CCTV. Namun, saat ini kita baru mendapatkan 10 unit yang berasal dari bantuan CSR melalui Kominfo,” kata Anom Gumanti, Rabu (8/2).

Menurut rencana 10 unit CCTV tersebut akan dipasang di sejumlah titik. Untuk Pantai Jerman, akan dipasang dua CCTV. Kemudian, sisanya di Pantai Kuta. Nah, untuk satu CCTV yang memiliki kualitas tinggi, akan dipasang di pintu masuk Pantai Kuta. Sementara, sisanya menyebar di titik-titik yang memang diperlukan kamera pengawas. “CCTV yang kualitasnya tinggi itu kita letakkan di pintu masuk pantai. Ini bagian dari upaya kita dalam melakukan pengawasan terhadap wisatawan, sehingga meningkatkan rasa aman dan nyaman. Selain itu, ketika terjadi tindak kejahatan, tentu keberadaan CCTV ini bisa membantu kepolisian,” kata Anom Gumanti yang juga anggota DPRD Badung.

Anom Gumanti menambahkan, sudah sepatutnya dan sewajarnya Pantai Kuta dilengkapi CCTV, sehingga pengelolaan ke depannya lebih profesional. Ihwal pengelolaan dan pengawasan terhadap CCTV, Anom Gumanti menyebut kewenangan berada di desa adat. Meski demikian, untuk monitoring berada di Dinas Kominfo, Kantor Camat dan Balawista. “Rencana dalam dua pekan ke depan sudah mulai dipasang,” katanya.

Tidak menutup kemungkinan pemasangan CCTV bakal ditambah lagi, sehingga nantinya akan terus dikomunikasikan dengan Dinas Kominfo agar ada program tambahan. “Kalau idealnya itu harus ada kajian dari Dinas Kominfo. Namun, saya akan coba mengomunikasikan agar ada program tambahan. Karena bentangan Pantai Kuta ini mencapai 4 kilometer lebih,” kata Anom Gumanti. *dar

Komentar