nusabali

Kembangkan Kawasan Danau Batur, Kintamani, Bupati Sedana Arta Temui Menko Luhut

  • www.nusabali.com-kembangkan-kawasan-danau-batur-kintamani-bupati-sedana-arta-temui-menko-luhut

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Panjaitan, Selasa (7/3).

Kedatangan Bupati Sedana Arta untuk menyampaikan usulan program pengembangan Kintamani, Danau Batur, dan sekitarnya. Kata Bupati, tahun 2024 Danau Batur direncanakan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Word Water Forum (WWF). Bupati Sedana Arta didampingi Kepala Bappeda Bangli I Nyoman Udiana Mahardika dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli, menyampaikan beberapa usulan pengembangan kawasan Kintamani, Danau Batur, dan sekitarnya.

Adapun usulannya, mengenai pembangunan Museum Air dan sarana prasarana dan pendukungnya, pengerukan sendimentasi dan penataan kawasan.

Berikutnya, penataan sempadan Danau  Batur, penataan Desa Bali Kuno Trunyan, pelebaran ruas jalan penelokan menuju Danau Batur, pembangunan the president tower, pembangunan pabrik pengolahan pupuk Organik, pembangunan TPST 3 R dan Ipal skala kawasan, pembangunan Instalasi pengolahan  air minum.

"Danau Batur dan sekitarnya termasuk kawasan yang menyandang banyak status. Di antaranya Geopark, KSPN, Warisan Budaya Dunia (WBD). Danau Batur juga termasuk salah satu dari 15 danau prioritas nasional sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus baik dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Bali," jelasnya.

Bupati Sedana Arta berharap pemerintah pusat membantu dalam pengembangan Kintamani, Danau Batur dan wilayah sekitarnya. Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini juga meyampaikan undangan kepada Menko Marves untuk hadir dalam kegiatan penuangan eco enzyme di Danau Batur.

Kata Bupati Sedana Arta, penuangan eco enzym sebagai aksi nyata kegiatan pelestarian lingkungan khusunya dalam rangka meningkatkan kualitas Danau  Batur. "Kegiatan ini dilaksanakan pada perayaan serangkaian HUT Kota Bangli, Mei mendatang," ungkapnya.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan seluruh usulan Bupati Bangli itu akan dibahas dengan Kementrian teknis terkait. Terkait undangan Bupati Bangli, pihaknya menyampaikan keinginannya untuk hadir dalam penuangan puluhan ton eco enzyme.  “Mudah mudahan kami bisa berkunjung langsung ke Danau Batur untuk bisa melihat kondisi dan permasalahan di danau tersebut,” ujarnya.*esa

Komentar