nusabali

Klikoo Mart Perbarui Aplikasi, Jadi Marketplace PPOB Pertama di Indonesia

  • www.nusabali.com-klikoo-mart-perbarui-aplikasi-jadi-marketplace-ppob-pertama-di-indonesia

JAKARTA, NusaBali.com - PVG (Pintar Ventura Group) telah melakukan pembaharuan pada produk aplikasi mereka yaitu Klikoo pada akhir Februari 2023 lalu. Fitur yang paling ditonjolkan adalah Klikoo Mart.

Berbagai kemudahan yang disediakan aplikasi Klikoo, PVG yakin dapat memenuhi kebutuhan para agen PPOB untuk mendapatkan harga dan kualitas layanan terbaik dengan menawarkan berbagai penyedia di fitur barunya.

Agen dapat memilih berdasarkan harga, kecepatan transaksi, dan tingkat keberhasilan untuk semua produk. Selain itu, mereka tidak perlu menginstal, mengisi ulang, dan beralih diantara beberapa aplikasi seperti sebelumnya.
 
“Kami meluncurkan pembaruan besar untuk Klikoo sebagai tanggapan atas saran dan masukkan dari komunitas kami. Dengan fitur terbaru yaitu Klikoo Mart, agen tidak perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi PPOB lainnya, mereka dapat mengakses opsi harga yang berbeda dari beberapa vendor jadi lebih efisien,” kata Januar Parlindungan – CBDO PVG dalam siaran persnya yang diterima NusaBali.com, Selasa (7/3/2023).
 
Sejak peluncuran produk klikoo pada bulan Maret 2022, aplikasinya mendapat antusias yang cukup tinggi dari para agen. Terbukti 50.000 agen yang telah mendaftar dan Klikoo telah melayani 1,5 juta transaksi dari pelanggan.

PVG pun semakin giat untuk membantu UMKM di Indonesia. Dari survei yang mereka lakukan selama 11 bulan, bahwa 97% agent PPOB di Indonesia memasang 3 atau lebih aplikasi PPOB di perangkat mereka.
 
Hal itu pun menjadi perhatian besar PVG menanggapi pain point dari para agen PPOB. Pertama, para agen memiliki masalah efisiensi yaitu harus membagi modal kerjanya untuk top up beberapa aplikasi yang mereka gunakan, menyusun strategi aplikasi mana yang harus diprioritaskan dengan anggaran dan produk terbaik yang ditawarkan.
 
Kedua, agen rata-rata menggunakan smartphone menengah ke bawah. Dengan banyaknya aplikasi yang diinstal akan memakan banyak penyimpanan, dan memperlambat smartphone mereka, bahkan menyebabkan kesalahan dan perlu mengulang transaksinya. Akibatnya, agen kehilangan pelanggan karena perangkat yang lambat atau kesalahan transaksi.
 
Pembaharuan besar Klikoo semakin menguntungkan dan memberikan kemudahan untuk para agen yaitu UI dan UX telah diubah sehingga Klikoo menjadi lebih user-friendy dan cepat dioperasikan, semakin mudah dengan integrasi QRIS untuk top up saldo, dan yang menarik lainnya adalah fitur Klikoo transfer money.

“Proses registrasi dan verifikasi yang cepat sehingga agen dapat langsung menawarkan layanan tersebut beberapa saat setelah melewati proses verifikasi,” kata Januar.
 
UMKM Indonesia sendiri membutuhkan fintech untuk memodernisasi transaksi keuangan dan melayani penduduk pedesaan. PVG yakin, Klikoo akan membantu lebih banyak mereka untuk melek digital dan meningkatkan daya saing.

“Hingga saat ini Klikoo sudah membantu lebih dari 50.,000 UMKM di mana menawarkan lebih dari 1.000 produk digital. Klikoo Mart akan memberi mereka fleksibilitas dan keandalan yang selama ini mereka lewatkan,” tuntas Januar.


Komentar