nusabali

Dewan Minta Pasang Pagar Pengaman di Broken Beach

  • www.nusabali.com-dewan-minta-pasang-pagar-pengaman-di-broken-beach

SEMARAPURA, NusaBali
Anggota DPRD Klungkung I Made Jana menyoroti kecelakaan wisatawan di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (4/3) sore.

Politisi asal Nusa Penida ini minta Pemkab Klungkung pasang pagar pengaman di sekitar objek. Pemandu wisata juga diminta mengawasi wisatawan yang turun ke pantai. Wisatawan juga diingatkan hati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Wisatawan mancanegara (wisman) asal India, Abhishek Bhatia, 44, tewas terjatuh dari tebing setinggi 40 meter di Broken Beach (Pasih Uug), Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Sabtu sore sekitar pukul 16.30 Wita. Menurut Made Jana, kecelakaan wisatawan di Nusa Penida sudah terjadi untuk ke sekian kalinya. Sehingga perlu melakukan langkah-langkah pencegahan agar kecelakaan wisatawan tidak terjadi lagi. "Pertama kita perlu melihat ke dalam diri, selaku pemilik wilayah dalam hal ini pemerintah melalui upaya pengamanan," kata Jana, saat dihubungi per telepon, Minggu (5/3).

Politisi Demokrat ini mencontohkan beberapa kali wisatawan jatuh saat foto selfie di Tebing Devil Tears, Desa Lembongan, Nusa Penida hingga akhirnya dipasang pagar pengaman. Pelaku pariwisata diminta turut memperhatikan kenyamanan dan keamanan wisatawan. Ketika tamu turun di objek wisata jangan dilepas begitu saja. "Namun, yang tidak kalah penting wisatawan itu sendiri saat berwisata agar selalu memperhatikan faktor keselamatan," kata Jana.

Dampak dari kecelakaan laut di Nusa Penida ini juga sangat besar bahkan bisa menjadi sorotan dunia. "Walaupun dalam beberapa kasus kecelakaan itu disebabkan oleh kecerobohan dari wisatawan itu sendiri, namun hal ini juga menunjukkan ketidaksiapan kita dalam menjaga kenyamanan dan keamanan," imbuhnya.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan jenazah korban sudah diberangkatkan menggunakan boat dari RSUD Gema Santi Nusa Penida menuju RSUP Prof dr IGNG Ngoerah, Denpasar, Minggu pukul 11.30 Wita.

Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati mengaku sudah merencanakan untuk peningkatan keamanan di semua objek wisata secara bertahap, termasuk pemasangan pagar pengaman di objek yang rawan terjadi kecelakaan. *wan

Komentar