nusabali

Dituntut Mainkan Xavi-Ball

Barcelona vs Valencia, Minggu Malam

  • www.nusabali.com-dituntut-mainkan-xavi-ball

BARCELONA, NusaBali
Pemuncak klasemen LaLiga Barcelona akan ditantang Valencia, dalam laga pekan ke-24, di Camp Nou, Minggu (5/3) malam, pukul 23:15 WITA.

Di laga itu, Barcelona dituntut kembali memainkan Xavi-ball. Ya, Barcelona baru saja mengalahkan tuan rumah Real Madrid 1-0 pada leg pertama semifinal Copa del Rey.  Sebelumnya, Barca secara mengejutkan kalah 0-1 dari tuan rumah Almeria dan dipaksa menelan kekalahan keduanya di La Liga musim ini. Barcelona memang masih unggul tujuh poin atas Real Madrid, tetapi mereka tak ingin terpeleset lagi.

Sedangkan Valencia hanya menang sekali dalam delapan laga terakhir. Main kandang, Barcelona tentu akan berusaha untuk mengamankan tiga poin. Pada pekan ke-12, Valencia yang masih dilatih Gennaro Gattuso kalah 0-1 dari Barcelona di Mestalla.

Menang di Mestalla, Barcelona pastinya juga diunggulkan untuk menang di Camp Nou. Terlebih, Barcelona belum terkalahkan dalam laga-laga kandangnya di La Liga musim ini. Dalam tiga laga terakhir, mereka selalu menang tanpa kebobolan, yakni atas Getafe, Sevilla, dan Cadiz.

Namun pada laga nanti, Barcelona dituntut mengembalikan identitas permainan Xavi-ball. Filosofi yang mengedepankan penguasaan bola itu tidak dipakai sama sekali sepanjang pertandingan saat mengalahkan Madrid 1-0.

Statistik menunjukkan Barcelona benar-benar mencopot identitas Xavi-ball itu, dengan hanya menguasai bola 35 persen. Opta mencatat penguasaan itu menjadi yang paling rendah yang dicatatkan Barca pada musim ini di segala ajang.

Biasanya, Barcelona mampu mencatatkan penguasaan bola di atas 60 persen dalam keadaan apa pun, entah itu melawan tim besar atau kecil, tertinggal atau unggul, dan lain-lain.

Menurut Xavi, keputusannya membuat Barcelona tidak menguasai bola karena memang hal itu sulit dilakukan ketika berhadapan di Real Madrid di Santiago Bernabeu.

"Kami mampu mengatasi Madrid. Mereka tidak punya peluang sama sekali.  Tapi kami juga tidak dapat mengontrol bola. Sulit melakukan itu di sini," kata Xavi. *

Prediksi Starting XI
Barcelona (4-4-2): Ter Stegen; Balde, Christensen, Araujo, Kounde; Kessie, Busquets, De Jong, Roberto; Fati, Raphinha. Pelatih: Xavi.
Valencia (4-3-3): Mamardashvili; Lato, Diakhaby, Comert, Correia; Almeida, Guillamon, Musah; Lino, Duro, Castillejo. Pelatih: Ruben Baraja.

Komentar