nusabali

Produk Lokal Tabanan Go Publik

Beri Semangat, Bupati Sanjaya Hadir Langsung ke Jakarta

  • www.nusabali.com-produk-lokal-tabanan-go-publik

TABANAN, NusaBali
Sebagai wujud dukungan terhadap perajin lokal Tabanan yang turut serta dalam pameran, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Ny Rai Wahyuni Sanjaya yang juga Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Tabanan hadir langsung dalam pameran yang bertajuk The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta Convention Center, Jumat, (3/3).

Pameran yang diprakarsai Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi tersebut berlangsung dari 1 sampai 5 Maret 2023. Tujuan pameran ini sebagai wadah promosi produk-produk kerajinan lokal untuk meraih peluang pasar domestik dan membuka peluang pasar internasional sebagai komoditi ekspor ke mancanegara.

Tahun ini, pameran INACRAFT diikuti oleh 1.118 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mengisi 1.200 booth yang terdiri dari 904 anggota ASEPHI, 214 non anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian, 35 BUMN, 255 peserta binaan Dinas atau Dekranasda.

Untuk Dekranasda Kabupaten Tabanan menampilkan berbagai produk kerajinan unggulan antara lain, kerajinan batok kelapa dari Amertha Manunggal Mesari, kerajinan keramik dari Cemara Ceramics. Bahkan produk dari Cemara Ceramics terpilih menjadi nominasi 20 besar dari 1.000 produk dalam pameran Inacraft khususnya Tea Pot Gajah. Turut juga kerajinan besi dari Warna Warni, kerajinan dari limbah koran dari Suparta Kreasi, produk sandal dari Kepa Project, lukisan dari sution, serta produk tas dari Bali Accesories.

Pelaksanaan pameran INACRAFT ke-23 dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno yang hadir mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya Sandiaga Uno mengatakan, lewat pagelaran tersebut diharapkan produk para pelaku UMKM di Indonesia bisa berkembang dan dikenal masyarakat dunia. “Kita menargetkan INACRAFT tahun ini transaksi bisa melebihi transaksi di tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19,” ujar Sandiaga Uno seraya  menegaskan bahwa INACRAFT sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara, mampu membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM.

Sementara itu selaku Ketua Dekranasda Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya bersama Bupati Tabanan, Komang Sanjaya memberikan support kepada seluruh peserta khususnya perajin lokal Tabanan dengan mengunjungi satu per satu booth perajin Tabanan. Rai Wahyuni berharap melalui pameran ini, para perajin dapat mengenalkan produk unggulannya dan juga mampu dikenal khalayak ramai hingga mancanegara, sehingga memberikan keuntungan yang signifikan. Bukan saja bagi para perajin tetapi juga bagi daerah.

Disamping itu, dia juga berharap, hal ini mampu membangkitkan semangat para pelaku UMKM seperti apa yang diharapkan oleh Menparekraf. “Ada 7 (tujuh) perajin binaan Dekranasda Tabanan yang turut serta dalam INACRAFT tahun ini. Kami sangat mengapresiasi keikutsertaan ini, sebab perajin dari Kabupaten Tabanan mendapat peluang besar memasarkan produknya kepada masyarakat luas, sehingga kedepannya bukan hanya laku di daerah saja, melainkan juga mampu menembus pasar ekspor,” tegas Rai Wahyuni. *des

Komentar