nusabali

RS di RI Makin Keren, Berobat Nggak Perlu ke Negara Tetangga

  • www.nusabali.com-rs-di-ri-makin-keren-berobat-nggak-perlu-ke-negara-tetangga

JAKARTA, NusaBali
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut rumah sakit di Indonesia yang berstatus badan layanan umum (BLU) sudah jauh lebih baik pasca pandemi COVID-19.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga sudah banyak dikeluarkan untuk investasi di bidang kesehatan.
"Hikmah dari pandemi semoga-semoga semuanya BLU kesehatan, ini terutama yang di TNI/Polri nih, rumah sakitnya jadi keren-keren sekarang. Kalau lagi keren diam saja, kalau lagi butuh anggaran sering datang ke saya," canda Sri Mulyani dalam acara Rapat Koordinasi BLU di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, seperti dilansir detikcom, Kamis (2/3).

Sri Mulyani berharap pengelola dan pengawas BLU tidak hanya mengandalkan suntikan modal dari APBN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Melainkan juga bisa menciptakan kerja sama yang produktif dengan tetap berdasarkan tata kelola yang baik.

"Investasi kita di bidang kesehatan dalam mengupgrade dan membuat kesiapan kita untuk menghadapi perang terhadap pandemi COVID luar biasa. Ini merupakan investasi yang saya harap dijaga dan terus dikembangkan," tuturnya.

Menurut Sri Mulyani, saat ini rumah sakit di Indonesia mestinya sudah bisa menjadi kelas dunia (world class hospital). Untuk itu masyarakat yang mau berobat tak perlu lagi ke negara tetangga.

"Rumah sakit di Indonesia mestinya sekarang sudah bisa menjadi world class hospital sehingga masyarakat Indonesia tidak bicara setiap sakit perginya ke negara tetangga, itu menjadi PR kita semua," ucapnya.

Sri Mulyani pun mengapresiasi kinerja BLU di bidang kesehatan selama masa pandemi COVID-19. Menurutnya, BLU khususnya yang berbentuk rumah sakit telah berhasil melakukan berbagai penyesuaian sehingga kondisi perekonomian Indonesia pasca pandemi COVID-19 berhasil pulih cepat.

"Itu tidak mungkin terjadi kalau tidak ada kontribusi dari BLU-BLU yang melakukan adjustment atau penyesuaian luar biasa keras dalam masa pandemi ini. Satu jelas BLU rumah sakit dia semuanya ada di lini terdepan," imbuhnya. *

Komentar