nusabali

Cuaca Ekstrem, Tanah Longsor hingga Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-tanah-longsor-hingga-pohon-tumbang

MANGUPURA, NusaBali
Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Badung, Kamis (2/3) mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda bencana.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, sepanjang Kamis kemarin tercatat ada beberapa kejadian bencana, mulai dari tanah longsor, plafon salah satu rumah warga jebol, hingga pohon tumbang.

Kejadian tanah longsor diketahui terjadi di Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal sekitar pukul 08.39 Wita. Kemudian atap plafon rumah warga yang jebol terjadi di Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi, sekitar pukul 10.44 Wita. Pemiliknya diketahui milik I Ketut April Aryanta. Syukur tak ada korban jiwa dalam kejadi ini.

Sedangkan bencana pohon tumbang terjadi di dua titik di Kecamatan Mengwi. Pohon tumbang di Desa Gulingan terjadi pada pukul 19.20 Wita. Akses jalan utama di desa tersebut sempat terganggu beberapa saat. Sedangkan pohon tumbang di Werdi Bhuwana terjadi pada pukul 19.38 Wita.

Kalaksa BPBD Badung I Wayan Darma, mengatakan bencana yang terjadi di wilayah Badung sudah mendapatkan penanganan dari tim reaksi cepat, dibantu oleh instansi terkait serta masyarakat. “Begitu mendapatkan laporan, tim langsung bergerak,” katanya.

Mengenai total kerugian dari keseluruhan bencana yang terjadi, mantan Camat Petang ini belum bersedia merinci. Sebab, tim masih melakukan pendataan dan kajian lebih lanjut.

Lantaran cuaca ekstrem masih kerap terjadi, Darma mengimbau agar masyarakat tetap waspada. “Perlu diperhatikan kondisi pohon, tiang listrik dan lainnya saat beraktivitas di luar rumah. Ini semua untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” imbaunya. *asa

Komentar