nusabali

Desa Adat Karadan Tak Gelar Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-desa-adat-karadan-tak-gelar-bulan-bahasa-bali

TABANAN, NusaBali
Desa Adat Karadan di Desa/Kecamatan Penebel tak menggelar rangkaian Bulan Bahasa Bali tahun 2023.

Absennya gelaran Bulan Bahasa Bali V ini dikarenakan masih dalam suasana pergantian bandesa adat.  Gubernur Bali Wayan Koster saat menutup perayaan Bulan Bahasa Bali Selasa (28/2) menyebutkan ada 21 desa adat yang tidak menggelar rangkaian Bulan Bahasa Bali.  Sehingga Dinas Pemajuan Desa Adat Bali ditugaskan mengorek alasan 21 desa adat dimaksud.

Patengen Majelis Desa Adat (MDA) Tabanan, Ida Ayu Nyoman Ratna Pawitrani mengatakan sesuai koordinasi Desa Karadatan tak menggelar rangkaian Bulan Bahasa Bali sedang proses pergantian bandesa adat.  "Proses pergantian ini panjang, jadi belum ada pihak yang melaksanakan," jelasnya, Kamis (2/3).

Menurutnya selain Desa Adat Karadan, dari 349 desa adat di Tabanan sudah seluruhnya melaksanakan rangkaian Bulan Bahasa Bali. Begitu pelaksanaannya tuntas, desa adat kemudian membuat laporan langsung ke Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali dan Tabanan.

"Jadi di Tabanan hanya satu saja yang tidak melaksanakan Bulan Bahasa Bali. Dan (kondisi) ini juga sudah dilaporkan ke Majelis Desa Adat Provinsi," tandasnya. *des

Komentar