nusabali

Kota Denpasar Raih Penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak Tahun 2022

  • www.nusabali.com-kota-denpasar-raih-penghargaan-daerah-ramah-perempuan-dan-layak-anak-tahun-2022

DENPAPASAR, NusaBali
Kota Denpasar kembali meraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak Tahun 2022, karena komitmennya untuk memperhatikan perempuan dan anak-anak.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Pupayoga kepada Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara serangkaian Malam Apresiasi HUT ke–235 Kota Denpasar, di Dharma Negara Alaya, Denpasar Utara, Senin (27/2).

Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja Pemkot Denpasar, utamanya komitmen dalam perlindungan, pemberdayaan perempuan, dan pemenuhan hak anak.

Indikator penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak yakni indeks pembangunan manusia (IPM), indeks pembangunan gender (IPG), indeks pemberdayaan gender (IDG), indeks perlindungan anak (IPA), evaluasi APE, dan capaian KLA.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dalam merancang program dan inovasi dalam mendukung sinergi untuk mewujudkan perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” kata Bintang Puspayoga.

Walikota Jaya Negara bersyukur atas penghargaan yang diraih Pemkot Denpasar. Hal ini merupakan kesuksesan bersama seluruh jajaran dari tingkat OPD hingga desa/kelurahan termasuk juga kaling dan kepala dusun.

Dikatakannya, keberhasilan Kota Denpasar meraih penghargaan DRPLA dari Kementerian PPPA tidak terlepas dari capaian IPM tahun 2022 mencapai 84,37, IPG tahun 2021 mencapai 96,88, IDG tahun 2021 mencapai 67,02, IPA 70,16, PPPA daerah berdasarkan evaluasi APE tahun 2021 Denpasar berada di kategori utama, dan capaian  KLA 2021 yakni utama.

“Denpasar telah mampu memenuhi kriteria indeks yang ditetapkan Kementerian PPPA, dan pada tahun ini diberikan penghargaan bersama dengan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Sebelumnya Kota Denpasar juga meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan predikat utama, serta penghargaan Pengarusutamaan Gender dengan kategori utama. *mis

Komentar