nusabali

Bangunan Pasar Blahbatuh Diratakan

  • www.nusabali.com-bangunan-pasar-blahbatuh-diratakan

GIANYAR, NusaBali
Bangunan wantilan dan bangunan lantai II Pasar Blahbatuh, Gianyar diratakan dengan alat berat, Selasa (28/2).

Perbekel Desa Blahbatuh I Gede Satya mengatakan, Dinas PUPR Kabupaten Gianyar meratakan bangunan Pasar Blahbatuh yang terbakar atas permintaan masyarakat. Setelah rata dan bersih, rencananya digunakan untuk Blahbatuh Festival. “Kami yang minta ke Dinas PUPR untuk meratakan dan bersihkan bangunan agar bermanfaat,” ujar Gede Satya.  

Selain dimanfaatkan untuk Blahbatuh Festival, perataan bangunan bekas kebakaran agar Pasar Blahbatuh tidak terlihat kumuh. Sekaligus menghilangkan kesan trauma masyarakat, khususnya pedagang dan warga sekitar yang terdampak langsung. Penataan Pasar Blahbatuh kewenangan Bupati Gianyar. “Entah dibuat taman atau lainnya, namun saat ini kami minta diratakan dan bersihkan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Blahbatuh,” ungkap Gede Satya.

Bangunan Pasar Blahbatuh terbakar pada Juni 2020 lalu. Sekitar 629 pedagang direlokasi. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Lokasi relokasi di sebelah barat Pasar Yadnya Blahbatuh, sekitar 2 km dari pasar semula. Selama 2 tahun lebih, bangunan bekas kebakaran dibiarkan begitu saja. Rumput ilalang tumbuh menyelimuti tembok-tembok tanpa atap. Setelah diratakan dengan tanah, diharapkan kawasan ini bersih dan tidak terlihat kumuh. Bupati Mahayastra merencanakan Pasar Blahbatuh dijadikan ruang terbuka seperti alun-alun Gianyar. Penataannya direncanakan pada tahun 2024 mendatang. *nvi

Komentar