nusabali

Pantai Muaya Jimbaran Alami Abrasi

  • www.nusabali.com-pantai-muaya-jimbaran-alami-abrasi

MANGUPURA, NusaBali
Cuaca ekstrem seperti gelombang tinggi yang terjadi belakangan ini mengakibatkan sejumlah pesisir pantai di wilayah Kuta dan Kuta Selatan mengalami abrasi.

Salah satu yang juga mengalami dampak abrasi adalah Pantai Muaya, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Bahkan tembok penahan abrasi juga nyaris ambruk.

Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga, mengatakan abrasi di Pantai Muaya semakin parah. Bahkan tembok penahan abrasi yang ada di depan salah satu hotel nyaris ambruk. “Kami sudah melaporkan kondisi ini kepada BPBD Badung agar segera mendapatkan penahanan,” katanya, Selasa (28/2).

Dirga mengatakan, tembok penahan abrasi yang nyaris ambruk itu dahulunya dibangun secara swadaya atas kerja sama desa adat dengan Hotel Four Seasons. Pembangunannya, kata dia, sekitar tahun 2000-an. Tujuan pembangunan tembok penahan abrasi ini untuk mencegah tergerusnya pesisir akibat gelombang yang kerap melanda wilayah itu. “Jadi sebenarnya kami sudah melakukan antisipasi, kalau tidak ada pembatasan, mungkin Pura Muaya juga sudah kena,” katanya.

Melihat kondisinya yang semakin memprihatinkan, Dirga berharap pemerintah sesegera mungkin memperbaiki agar tidak terjadi dampak yang meluas. “Kalau sekarang dikerjakan mungkin tidak terlalu banyak biaya yang dibutuhkan,” ucapnya.

“Semoga BPBD punya anggaran. Kalau tidak, tentu kami akan diskusi dengan pihak Four Seasons Hotel untuk penganan lebih lanjut,” kata Dirga. *dar

Komentar