nusabali

Bupati Giri Prasta Gelontorkan Hibah Sebesar Rp 45,2 Miliar

Komit Selesaikan Pembangunan Pura Punduk Dawa

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-gelontorkan-hibah-sebesar-rp-452-miliar

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang juga Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali menggelontorkan dana hibah sebesar Rp 45.210.700.000 ke Rekening Pengurus Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa.

Pemberian dana hibah ini sebagai wujud komitmen penuh untuk mendukung finishing pembangunan Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa Linggih Ida Betara Mpu Gana yang berlokasi di Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, sebagai salah satu dari Catur Parahyangan Kawitan Ratu Pasek.

"Kita berkomitmen penuh untuk mendukung pembangunan Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa Linggih Ida Betara Mpu Gana, yang mana keberadaan pura ini dibangun sejak tahun 2017. Pembangunannya sendiri diinisiasi oleh MGPSSR Provinsi Bali bersama dengan seluruh pasemetonan Pasek di seluruh Bali," ucap Bupati Giri Prasta di Puspem Badung, Minggu (26/2).

Dana hibah yang sudah digelontorkan yakni dana finishing yang terdiri dari beberapa paket pekerjaan mulai dari Utamaning Utama, Utamaning Madya sampai ke Soring Mandala. "Pengerjaan ini menghabiskan dana kurang lebih mencapai Rp 45,2 miliar," kata Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Lebih lanjut Giri Prasta menginformasikan pelaksanaan kegiatan finishing Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa diawali dengan upacara mecaru, ngeruak dan ngawit karya yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Februari 2023, upacara ini dipuput oleh 10 sulinggih perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di Bali dan seorang sulinggih dari pengurus Sabha Pandita Pusat.

"Sebagai salah satu Kahyangan dari Catur Parahyangan Ratu Pasek, keberadaan Pura Punduk Dawa merupakan sangat sentral sebagai tempat Semeton Pasek melaksanakan puja bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ida Betara Kawitan Ratu Pasek, Panca Pandita atau Sapta Rsi utamanya Ida Betara Mpu Gana," jelasnya.

Sebagai informasi, Catur Parahyangan Pasek di seluruh Bali ada 4, pertama Pura Catur Lawa Ratu Pasek Besakih linggih Ida Betara Mpu Semeru, selanjutnya Pura Lempuyang Madya linggih Ida Betara Mpu Gni Jaya, Pura Silayukti Padangbai linggih Ida Betara Mpu Kuturan dan Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa Linggih Ida Mpu Gana. *ind

Komentar