nusabali

Kuta Beach Skatepark Sudah Bisa Digunakan! Dukung Sport Tourism Pulau Dewata

  • www.nusabali.com-kuta-beach-skatepark-sudah-bisa-digunakan-dukung-sport-tourism-pulau-dewata
  • www.nusabali.com-kuta-beach-skatepark-sudah-bisa-digunakan-dukung-sport-tourism-pulau-dewata
  • www.nusabali.com-kuta-beach-skatepark-sudah-bisa-digunakan-dukung-sport-tourism-pulau-dewata
  • www.nusabali.com-kuta-beach-skatepark-sudah-bisa-digunakan-dukung-sport-tourism-pulau-dewata

MANGUPURA, NusaBali.com – Kuta Beach Skatepark berlokasi di pesisir Pantai Kuta, Badung, Bali akhirnya diresmikan penggunaannya untuk masyarakat umum pada Minggu (26/2/2023) sore.

Dikelola oleh Kuta Skateboard Community, Kuta Beach Skatepark ini digadang-gadang menghabiskan dana hampir Rp 500 juta dalam proses pembuatannya yang berbahan beton polish dengan luas 885m2 .

“Dalam proses pembuatannya kita melibatkan salah satu atlet skateboard Internasional, Sehingga dari informasi yang mendesain ini adalah skatepark paling unik yang ada di Bali, bahkan di Indonesia,” ujar Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba saat ditemui di Pantai Kuta, Minggu (26/2/2023) sore.

Surya Suamba menjelaskan dengan adanya skatepark di Pantai Kuta diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk menyejahterakan warga Badung pada khususnya dan warga Bali pada umumnya. Apalagi  lokasi yang dipilih yakni dekat dengan lokasi parkir kendaraan dan dekat dengan pelaku UMKM di sekitar Pantai Kuta.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Pariwisata Kabupaten Badung, Nyoman Rudiarta menerangkan dengan adanya penataan Pantai Kuta dari Pemerintah Kabupaten Badung sangat berdampak positif. Tidak hanya untuk kesejahteraan masyarakat, tetapi juga dengan destinasi yang berdekatan seperti ikon baru di Pantai Jerman.

“Beberapa ikon baru yang sangat berdampak positif terhadap kunjungan atau destinasi. Ini membawa perubahan, kami minta kepada seluruh lapisan selalu melakukan kolaborasi untuk memikirkan kenyamanan dan keamanan lingkungan,” ujarnya.

Ia percaya dengan adanya Kuta Beach Skatepark tingkat kunjungan di Pantai Kuta akan merangkak naik sekitar 50 persen dari biasanya. Sebab, para komunitas akan otomatis  mengajak para sesama skater dari penjuru dunia untuk bermain di lokasi baru ini.

Untuk menambah persentase pengunjung tersebut, Rudiarta menjelaskan hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk mendukung sport tourism. Bahkan di tahun ini, pihaknya akan mengagendakan sebuah kegiatan festival bahari di Pantai Kuta pada saat grand opening Pantai Samigita (Seminyak, Legian, Kuta).



Sementara, Motion Skatepark Construction, Afandy Dharma menerangkan Kuta Beach Skatepark memenuhi standar internasional yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan para skater untuk belajar dan melakukan trik-trik dalam olahraga skateboard seperti table top, ramp, halfpipe, rail, stairs, box atau ledge, dan quarter pipe.

“Semoga dengan adanya fasilitas ini, skater Kuta bisa lebih jago dan berprestasi ke depannya. Serta skatepark ini harus bisa dijaga dengan baik dan bisa berguna untuk komunitas,” tuturnya.

Ketua Kuta Skateboard Community sekaligus pengelola, I Made Gede Artha Gunawan menerangkan masyarakat Kuta khususnya para skater sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung dan dinas terkait yang ikut andil dalam mewujudkan skatepark ini.

“Dengan adanya lapangan ini sudah bisa membantu anak-anak pecinta skateboard agar memiliki tempat yang layak untuk menyalurkan hobinya dan sekaligus menjadi satu-satunya lapangan skatebord di pinggir pantai,” ujarnya.

Ia membeberkan, untuk penggunaan fasilitas skatepark bisa diakses oleh siapapun secara gratis. Hanya saja, bagi yang ingin mengikuti kelas skateboard akan dikenakan biaya yang belum ia bisa sampaikan berapa nominalnya. Seperti Coaching Clinic, yakni kegiatan latihan selama 1 atau 2 kali dalam satu minggu bersama Pelatih Profesional dengan program latihan dari Beginner sampai Intermediate.

Made Artha juga menerangkan antusias para skater di hari pertama sangatlah membeludak, sehingga ia ingin mempergunakan skatepark ini untuk berbagai event bertaraf internasional.

“Pastinya kita akan bekerjsama dengan Bupati Badung, untuk menggelar event Bupati Cup dan banyak event yang akan kita selenggarakan di sini yang juga tergantung dengan cuaca,” pungkasnya. *ris

Komentar