nusabali

Pelayanan Kesehatan Gratis di Dangin Puri Kauh Disambut Antusias Warga

  • www.nusabali.com-pelayanan-kesehatan-gratis-di-dangin-puri-kauh-disambut-antusias-warga

DENPASAR, NusaBali.com - Pelayanan kesehatan gratis di Dusun Tengah, Jalan Werkudara, Desa Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Utara disambut antusias warga. Layanan ini dibuka sebulan sekali.

Untuk bulan Februari ini,  layanan kesehatan dilaksanakan pada Jumat (17/2/2023) pukul 09.00-12.00 WITA.

“Hari ini kami mendapat jadwal Posyandu terpadu, berupa kegiatan pemeriksan balita, lansia, dan Posbindu untuk remaja,” terang Kepala Dusun (Kadus) Tengah, Komang Pasek Astawa, Jumat (17/2/2023).

Pengelolaan kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kader, diantaranya Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita sebanyak 5 orang, Kader Posyandu Lansia sebanyak 5 orang, Kader Dinas Keluarga Balita (DKB) sebanyak 5 orang, Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) sebanyak 5 orang, dibantu sarana dan prasarana dari pemerintah desa dan Puskesmas 1 Denpasar Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat yang berdomisili di Dusun Tengah Desa Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara. Pemeriksaan kesehatan ini berupa pengecekan tinggi badan, berat badan, tensi, dan lainnya. Kegiatan ini juga didampingi oleh dokter dari Puskesmas 1 Denpasar Utara, sehingga masyarakat bisa langsung mengkonsultasikan kesehatan.

Posyandu anak-anak dibagi menjadi dua yaitu Posyandu Balita umur 6-12 bulan yang mendapat perlakuan khusus karena kesehatan gizinya rentan dan Posyandu anak-anak berusia 1-5 tahun.  

Posbindu juga dibagi menjadi dua yaitu, Posbindu untuk remaja berusia 15 tahun hingga sebelum menikah, dan Posbindu setelah menikah hingga 59 tahun yang mencakup ibu hamil. Posyandu lansia dari usia 59 tahun ke atas.

 “Kebetulan bulan Februari ini merupakan jadwal pemberian Vitamin A, kemudian nanti di bulan Agustus ada penambahan pemberian obat cacing untuk balita,” kata Komang Pasek.

Sementara itu Agus Wibawa selaku petugas dari Puskesmas 1 Denpasar Utara di Desa Dangin Puri Kauh menyatakan, “Posyandu ini dilakukan setiap bulan secara rutin, dan untuk anggaran yang dikeluarkan sepenuhnya dari Desa Dangin Puri Kauh.”

Setelah pengecekan kesehatan, masing-masing kader juga memberikan bingkisan berupa air, snack dan nasi yang berikan oleh pemerintah desa kepada peserta Posyandu Terpadu.

Kemudian dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga ikut turut serta mengunjungi Posyandu Terpadu Desa Dangin Puri Kauh dikarenakan terdapat alat baru untuk Posyandu Balita dan anak-anak. *m05


Berita ini merupakan hasil liputan Irgy Krisnayasa, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com


Komentar