nusabali

Musrenbangcam Karangasem Usulkan Perbaikan Jalan 15,73 Km

  • www.nusabali.com-musrenbangcam-karangasem-usulkan-perbaikan-jalan-1573-km

AMLAPURA, NusaBali
Musrenbangcam (Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan) Karangasem mengusulkan perbaikan jalan 15,73 km tahun 2024.

Namun, realisasinya mengacu sekala prioritas dan ketersediaan anggaran. Dari 3 kelurahan dan 8 desa tidak banyak yang mengusulkan perbaikan kualitas jalan.

Hal itu terungkap saat Musrenbangcam dibuka Asisten III I Gede Ngurah Yudiantara di Aula Sabha Widya Praja, Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran, Amlapura, Jumat (24/2). Musrenbangcam dipimpin Camat Karangasem Ida Nyoman Astawa, merangkum seluruh usulan dari 3 kelurahan dan 8 desa.

Secara umum, usulan yang terangkum, bidang perekonomian dan sumber daya alam, bidang pemerintahan dan pembangunan manusia, dan bidang pengembangan infrastruktur dan kewilayahan.

Khusus untuk pengembangan infrastruktur itulah terangkum, hanya meningkatkan kualitas jalan sepanjang 15,73 kilometer, hanya saja, besaran anggaran tidak terungkap.

Beberapa desa mengusulkan perbaikan kualitas jalan, di antaranya Desa Bukit 2,5 kilometer, Desa Tegallinggah sejauh 1 km, Desa Pertima mengusulkan rehab jalan Pantai Bangklangan 500 meter, Desa Seraya Timur, mengusulkan pengaspalan jalan menghubungkan Banjar Tinjalas menuju Banjar Tanah Barak sejauh 2,88 kilometer, Desa Seraya pembangunan  jalan 1.600 meter, dan lain-lain.

“Kami tetap berupaya memperjuangkan usulan dari kelurahan dan desa itu, agar masuk APBD 2024,” jelas Camat Karangasem Ida Nyoman Astawa.

Jelasnya, usulan di Musrenbangcam itu nantinya dirangkum lagi dalam Musrenbangda Karangasem, kembali masuk pembahasan sejauh mana usulan bisa dapat anggaran tahun depan.

Sedangkan usulan perbaikan bangunan gedung juga banyak  yang masuk dari beberapa kelurahan dan desa. Kelurahan Padangkerta dan Desa Seraya mengusulkan perbaikan 1 unit bangunan Puskesmas Pembantu. Kelurahan Subagan mengusulkan perbaikan rehab ruang guru SDN 1 Subagan, Desa Seraya Timur juga mengusulkan rehab  SDN 1 Seraya Timur.

“Kami juga mengusulkan pengadaan alat-alat praktek sekolah di 5 unit sekolah,” jelas Perbekel Seraya Barat I Wayan Patra Suarsa.

Perbekel Seraya Timur I Made Pertu mengatakan usulan perbaikan jalan 2,88 kilometer itu, setelah sebelumnya melalui rapat kerja desa, dengan menyerap aspirasi dari warga banjar. “Makanya kami usulkan di Musrenbangcam, pengaspalan jalan menghubungkan Banjar Tinjalas menuju Banjar Tanah Barak,”  jelas I Made Pertu.*k16

Komentar