nusabali

Beredar Foto Mesum Oknum Pemuka Agama

  • www.nusabali.com-beredar-foto-mesum-oknum-pemuka-agama

SINGARAJA, NusaBali
Sebuah foto layak sensor oknum pemuka agama yang diduga berselingkuh beredar di media sosial WhatsApp dan menghebohkan masyarakat Buleleng, Jumat (24/2).

Dalam foto itu tampak seorang pria yang disebut-sebut sebagai pemuka agama berfoto telanjang dengan memeluk seorang wanita. Disebut-sebut jika wanita dalam foto tersebut merupakan selingkuhan pria tersebut.

Belum diketahui pasti identitas oknum pemuka agama yang disebutkan dalam foto mesum itu. Namun, informasi yang beredar, foto tersebut mulanya hendak dikirim oleh oknum pemuka agama tersebut kepada selingkuhannya. Namun, karena salah pencet, foto itu akhirnya terkirim pada salah satu grup WhatsApp. Foto itu kemudian dengan cepat menyebar melalui WhatsApp.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Buleleng, Gde Made Metera saat dikonfirmasi terkait foto ini mengaku belum dapat memastikan soal kebenaran foto tersebut. "Sampai saat ini PHDI Kabupaten Buleleng belum memiliki informasi tentang kebenaran hal itu," katanya. Metera menyebutkan, kalaupun foto tersebut benar adanya, PHDI tak bisa berbuat banyak. Sebab PHDI tak memiliki wewenang memberikan sanksi kepada pemuka agama ini. Hal-hal yang berkaitan dengan sanksi kepada ini merupakan hak dari nabe (guru) dari yang bersangkutan.

"Kewenangan memberikan sanksi tersebut ada di nabe. Namun, seandainya itu benar, PHDI bisa mapekeling, memberitahu Nabe untuk menangani hal itu," jelasnya. Sementara itu Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Sumarjaya saat dikonfirmasi terpisah mengaku belum mengetahui secara pasti foto mesum yang beredar tersebut.

"Saya belum dapat fotonya. Saya sudah cek ke Polsek jajaran maupun Polres, juga belum ada laporan. Ini masih kami telusuri dulu kebenarannya," katanya singkat. AKP Sumarjaya mengaku belum bisa menanggapi lebih banyak. Sebab kepolisian bekerja berdasarkan fakta yang ada. "Kami belum tahu kebenaranya seperti apa, yang menyebarkan seperti apa. Belum bisa kami pastikan. Andaikan itu benar ada, baru kami tindaklanjuti dengan penyelidikan," tukas dia.

Informasi yang dihimpun, oknum pemuka agama tersebut sudah dicopot gelarnya oleh nabe (guru)-nya. "Sudah dicopot (gelarnya) oleh nabenya, nabenya yang berhak mencopot. Dicopot sekitar seminggu yang lalu," ujar sumber. Masih kata sumber tersebut, foto mesum tersebut sudah beredar sejak sekitar seminggu yang lalu. Namun baru heboh belakangan ini. "Fotonya beredar dari sekitar tanggal 17 Februari lalu," kata sumber ini lagi. *mz

Komentar