nusabali

Marak Pencurian Mesin Traktor, Krama Subak Cemagi Let Berang

  • www.nusabali.com-marak-pencurian-mesin-traktor-krama-subak-cemagi-let-berang

MANGUPURA, NusaBali.com – Krama Subak Cemagi Let, Desa Adat Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi berang lantaran maraknya pencurian mesin traktor pada musim penggarapan sawah.

Seperti pengakuan salah satu krama subak, I Ketut Sudana. Petani asal Desa Adat Seseh, Desa Cemagi ini mengaku waswas begitu musim penggarapan tiba.

“Setiap musim membajak sawah saya selalu gelisah. Beberapa kali terjadi kasus pencurian mesin traktor yang kami gunakan membajak sawah,” ungkap Sudana di hadapan Kapolsek Mengwi pada Jumat (24/2/2023) pagi.

Mesin traktor menjadi sangat penting bagi petani di masa sekarang. Sebab, tradisi ngelampit atau matekap (membajak) dengan tenaga sapi sudah tidak dilakukan lagi.

Petani cenderung memilih cara yang lebih praktis dan hemat tenaga seperti menggunakan jasa tukang traktor. Akan tetapi, tantangan kasus pencurian mesin traktor ini membuat petani berang.

Curhatan Sudana dijawab langsung pimpinan tertinggi jajaran Polri di Kecamatan Mengwi. Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana menerangkan bahwa kasus semacam ini harus direspons secara preventif.

Lantaran, kasus pencurian mesin traktor ini musiman dan terjadi ketika mesin dan traktornya ditinggal di pematang sawah tanpa penjagaan. Oleh sebab itu, perwira menengah Polri ini menyarankan agar ada ronda di wilayah subak.

Opsi lain yang diberikan adalah melepas mesin traktor apabila jam kerja traktor pada satu hari itu sudah selesai. Apabila kurang memungkinkan, rantai dan gembok bisa jadi solusi lain mencegah pencurian.

“Patroli hanya sebagai upaya preventif. Cara yang lebih efektif adalah menutup kesempatan dan ruang gerak pelaku yakni dengan mengamankan barang yang menjadi target,” beber Darsana.

Walaupun demikian, Darsana membuka ruang selebar-lebarnya bagi petani untuk segera melapor apabila terjadi gangguan kamtibmas di wilayah Subak Cemagi Let. Sebab, kolaborasi antara masyarakat dan Polri sangat diperlukan.

Kata Darsana, laporan bisa disampaikan ke Bhabinkamtibmas Desa Cemagi, Bripka I Wayan Wendi Raharja. Bhabinkamtibmas berprestasi yang sudah diganjar penghargaan oleh Kapolres Badung. *rat

Komentar