nusabali

Perbekel Mulai Cairkan BLT Warga Miskin

  • www.nusabali.com-perbekel-mulai-cairkan-blt-warga-miskin

AMLAPURA, NusaBali
Perbekel se-Karangasem mulai mencairkan BLT (bantuan langsung tunai) dari dana desa untuk warga miskin.

Pencairan ini untuk Januari - Februari 2023, per bulan Rp 300.000. Perbekel Muncan, Kecamatan Selat, I Wayan Tunas membawakan langsung BLT ke rumah-rumah untuk warga lansia yang tidak kuat lagi datang ke BUMDes Muncan. Ssalah satunya di Banjar Kaja, Desa Muncan, Kamis (23/2).

Tunas mendatangi beberapa warga lansia turut mendampingi Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) I Kadek Sudarma, karena secara fisik bisa datang mengambil BLT. Di samping sambil membawakan BLT, juga mengecek tempat tinggal lansia, kebanyakan tinggal di rumah tidak layak huni. Selanjutnya menyerahkan BLT menemui lansia Ni Nyoman Keten di Banjar Muncan, Ni Mangku Suasti di Banjar Kaja, dan lain-lain.

Perbekel Tunas memaparkan, tahun 2023 hanya 26 KK yang dapat BLT, anggarannya 10,29 persen dari dana desa. Penerima BLT itu, jauh menurun di bandingkan tahun-tahun sebelumnya yang masuk daftar 186 KK, tersebar di 13 banjar dinas, yakni Banjar Benekasa, Banjar Gunung Biau, Banjar Kaja, Banjar Kawan, Banjar Manik, Banjar Meranggi, Banjar Muncan, Banjar Pakudansih, Banjar Pemuhunan, Banjar Pendem, Banjar Susut, Banjar Gede dan Banjar Yang Api.

"Anggaran BLT tahun 2023 jauh menurun, makanya warga yang mengalami kemiskinan ekstrem saja yang dapat bantuan. Penyerahan BLT tidak ada kendala, warga masyarakat menyadari, karena sebelumnya telah kami sosialisasikan," tambah perbekel asal Banjar Susut.

Di bagian lain Perbekel Duda, Kecamatan Selat I Wayan Dulur juga telah membagikan BLT untuk 68 KK, tersebar di 8 banjar dinas, Pegubugan, Duda, Bambang Biaung, Alastunggal, Padangtunggal Kangin, Padangtunggal Kauh, Jangu, dan Dalem.

"Warga yang tak bisa datang ke BUMDes, petugas desa mendatangi ke rumah-rumahnya membawakan BLT," jelas I Wayan Dulur.

Sebelumnya, lanjut Dulur, BLT di Desa Duda untuk 157 KK. "Mengingat ada penurunan anggaran BLT dari 40 persen menjadi 10,5 persen, maka penerimanya juga berkurang," jelas I Wayan Dulur. Penyaluran BLT di 73 desa lainnya berlangsung serentak. *k16

Komentar