nusabali

Bupati Hadiri Upacara Melaspas di Pura Dalem Desa Adat Batunya

  • www.nusabali.com-bupati-hadiri-upacara-melaspas-di-pura-dalem-desa-adat-batunya

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri upacara Melaspas, Mendem Pedagingan Pralingga Ida Betara Pura Dalem Desa Adat Batunya, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Selasa (22/2).

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 960 juta. Secara pribadi, Bupati Giri Prasta juga menyerahkan punia Rp 15 juta untuk Desa Adat Batunya, masing-masing Rp 5 juta untuk Sekaa Gong, Sekaa Baleganjur, Sekaa Truna, dan PKK, serta Rp 2 juta untuk Sekaa Santhi.

Turut hadir anggota DPRD Tabanan I Nyoman Suta, Majelis Alit Tabanan, Perbekel Desa Batunya I Made Riasa, Bendesa Adat I Made Samba, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Giri Prasta mengatakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Desa Adat Batunya dalam melaksanakan upacara Melaspas, Mendem Pedagingan Pralingga Ida Betara di Pura Dalem merupakan salah satu program Badung Angelus Buana yang bertujuan untuk melestarikan adat, seni budaya, tradisi dan agama, sekaligus untuk meringankan beban masyarakat. “Karena kita semua adalah umat sedharma, di mana agama Hindu ini banyak sekali waktu habis di adat, di umat sedharma ini banyak uang habis buat meyadnya. Maka dari itu, saya selaku Bupati Badung memiliki program Badung Angelus Buana, dari Badung berbagi untuk Bali dengan tujuan meringankan beban masyarakat seperti apa yang telah kami lakukan di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengajak masyarakat Desa Adat Batunya untuk bersatu, karena dengan bersatu setengah perjuangan akan berhasil, jika tidak bersatu setengah perjuangan akan gagal. Maka dari itu, lanjutnya, masyarakat harus bersatu apalagi lahir, hidup, dan mati di sini. “Saya mengajak masyarakat semuanya untuk ngrastiti bakti, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan jalan dan anugrah yang baik bagi semua warga masyarakat Desa Adat Batunya dalam melaksanakan upacara seperti sekarang ini. Saya berharap upacara ini dilaksanakan dengan cara gotong royong dan bersama-sama dengan rasa tulus ikhlas,” harapnya.

Sementara itu Bendesa Adat Batunya I Made Samba, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta bersama undangan lainnya sudah bersedia hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Adat Batunya. Dikatakan upacara ini terlaksana setelah rampungnya Pralingga Ida Betara Pura Dalem Desa Adat Batunya, yang menghabiskan biaya sebesar Rp 2.650.500.000, di mana dana ini berasal dari bantuan dana hibah Bupati Badung sebesar Rp 960 juta, swadaya masyarakat sebesar Rp 803.250.000, bansos dari Pemerintah Provinsi Bali Rp 300 juta, dan sisanya dana dari para donatur.

Dikatakan, memperbaharui Pralingga Ida Betara di Pura Dalem atas kesepakatan masyarakat semua. Untuk itu diawali dengan Nuntun (memindahkan) Ida Betara pada 23 Februari 2022, setelah itu pada 17 Maret 2022 dilaksanakan Nasarin. “Pada hari yang baik ini, 22 Februari 2023 ngelaksanayang upacara Melaspas, Mendem Pedagingan Pralingga Ida Betara di Pura Dalem, karena sudah rampungnya keseluruhan wewangunan yang ada di wewidangan Pura Dalem,” kata Made Suamba. *ind

Komentar