nusabali

Bupati Serahkan Bantuan 1 Unit Truk di Desa Adat Bonbiu

  • www.nusabali.com-bupati-serahkan-bantuan-1-unit-truk-di-desa-adat-bonbiu

GIANYAR, NusaBali
Bupati Gianyar Made Mahayastra menyerahkan bantuan satu unit truk sampah kepada Desa Adat Bonbiu, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Selasa (21/2) malam.

Bantuan truk sampah secara simbolis berupa kunci diterima Bendesa Adat Bonbiu, I Wayan Sumantra, di wantilan Pura Dalem Desa Adat Bonbiu. Turut mendampingi Bupati, Sekda Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta, anggota DPRD Gianyar, pimpinan OPD, Camat Blahbatuh, dan Perbekel Desa Saba.

Bupati Mahayastra mengatakan, penanganan sampah menjadi prioritas selama memimpin Gianyar. Dikatakan, bantuan truk sampah hanya solusi jangka pendek untuk mengatasi sampah. Untuk benar-benar bebas dari sampah plastik, satu-satunya cara adalah masyarakat melakukan pengelolaan sampah dengan cara memilah. Sampah organik dijadikan pupuk, sampah anorganik didaur ulang dan bisa diuangkan. Hanya sampah residu yang dikirim ke TPA.

Pemkab Gianyar telah menyerahkan 40 unit truk sampah kepada desa yang sudah siap mengelola sampah. Menurut Bupati Agus Mahayastra, tidak gampang mengoperasikan truk sampah. “Hanya desa adat atau desa dinas yang sudah siap kami berikan bantuan truk. Perlu menggaji 3 pegawai sebulan. Minimal satu pegawai dapat Rp 1,5 juta. Belum biaya operasional seperti minyak, ban, dan lainnya. Operasional sangat besar,” ungkap bupati yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar ini.

Bupati juga mewanti-wanti masyarakat yang mencalonkan diri sebagai perbekel agar dalam visi misi tidak menggratiskan penanganan sampah rumah tangga. “Di beberapa desa kena retribusi sekitar Rp 20 ribu per bulan per pelanggan sampah. Lebih bagus lagi, kampanyekan pemilahan sampah rumah tangga, organik, dan anorganik,” tegasnya. Berdasarkan pengamatannya, masyarakat sudah belajar dan ada perubahan buang sampah.

Dulu buang sampah ke sungai tidak ada yang menghiraukan, sekarang pasti ada yang menegur. “Bisa dibayangkan lima tahun lalu, banyak sampah plastik. Sekarang juga masih tapi jauh berkurang berkat kesadaran masyarakat. Kesadaran ini kita jadikan momentum menjaga lingkungan” tegas Bupati asal Payangan ini. Bendesa Adat Bonbiu, I Wayan Sumantra, menyampaikan terimakasih atas perhatian Bupati Gianyar kepada Desa Adat Bonbiu. Sumantra berharap truk sampah bisa mengatasi permasalahan sampah di Desa Adat Bonbiu. *nvi

Komentar