nusabali

Lingkungan Taman Sekar, Padangsambian Di-fogging Fokus

  • www.nusabali.com-lingkungan-taman-sekar-padangsambian-di-fogging-fokus

DENPASAR, NusaBali
Petugas Dinas Kesehatan Kota Denpasar melaksanakan fogging fokus di Lingkungan Taman Sekar, Kelurahan Padangsambian, Denpasar Barat, Selasa (21/2).

Lurah Padangsambian I Ketut Alit Artika menyatakan fogging fokus ini dilaksanakan di Lingkungan Taman Sekar karena ada seorang warga terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Sesuai syarat, fogging dilaksanakan di radius 100 meter persegi dari rumah penderita.  

“Untuk menekan kasus maka perlu dilaksanakan fogging fokus. Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Denpasar,” kata Artika.

Artika mengatakan guna menekan kasus DBD pihak kelurahan secara intensif juga melakukan upaya pencegahan. Yakni secara intensif melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan memberikan edukasi serta arahan ke warga terkait gerakan 3M plus, yakni, menguras dan menutup rapat tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas penampungan air.

Menurut Artika, peningkatan kasus ini disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu, kadang hujan dan kadang panas. Hal ini menyebabkan banyak air tergenang di tempat penampungan dan menjadi habitat perkembangbiakan nyamuk. Bahkan penularannya sangat cepat.

Terkait langkah antisipasi penyebaran DBD, Artika menyatakan diperlukan peran serta masyarakat. Hal tersebut karena pencegahan DBD tak akan bisa dilakukan apabila hanya dengan mengandalkan fogging. “Langkah yang bisa dilakukan sangat simpel, cukup gerakan 3M atau pemberantasan sarang nyamuk, itu paling efektif dan efisien,” jelasnya. *bin

Komentar