nusabali

Dua Kesenian Klasik Tabanan Ramaikan PKB 2023

  • www.nusabali.com-dua-kesenian-klasik-tabanan-ramaikan-pkb-2023

Dua kesenian klasik Tabanan, Sekaa Gong Legendaris dan Sekaa Andir, disebutkan diundang langsung oleh Pemprov Bali untuk tampil di PKB 2023.

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan bersiap mengikuti Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2023. Ada sejumlah kesenian yang akan ditampilkan, dua di antaranya adalah kesenian Sekaa Gong Legendaris Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, dan Sekaa Andir Desa Tista, Kecamatan Kerambitan.

Pada ajang PKB tahun ini anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 1,2 miliar. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun 2022, hanya Rp 950 juta karena masih terimbas pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan Ni Luh Nyoman Sri Suryati, mengatakan PKB rencananya digelar bulan Juni. Untuk itu Tabanan sudah melakukan persiapan. “Peserta yang akan tampil dalam PKB nanti sudah persiapan dan latihan dari sekarang,” ujarnya, Selasa (21/2).

Kata Sri Suryati, mengenai dua kesenian yang akan ditampilkan, dua kesenian dimaksud adalah seni klasik. Bahkan keduanya ini memang diundang langsung oleh Pemprov Bali untuk tampil.

“Sekaa gong legendaris ini ditabuh oleh para tetua, sementara Sekaa Andir ini adalah tarian mirip Legong,” ucap Sri Suryati.

Menurutnya dalam penampilan kesenian ini, sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan seleksi ke lapangan sejak Desember 2022. Sehingga begitu ditentukan, sekaa tersebut sudah siap latihan untuk penampilan terbaik.

Adapun sejumlah kesenian yang disiapkan dalam PKB nanti, di antaranya tari maskot Tabanan yakni Tari Jayaning Singasana AUM juga akan turut ditampilkan saat Peed Aya (pawai) oleh Sanggar Tari Taksu Kumara, Kediri. Selain juga garapan kolosal oleh Sekaa Gong Yowana Ananta Winangun Desa Penarukan, Kerambitan.

Sedangkan untuk parade gong kebyar, tahun ini menampilkan Sekaa Gong Giri Kusuma (dewasa) dari Banjar Dinas Senganan Kanginan, Desa Senganan, Kecamatan Penebel. Kemudian Sekaa Gong Manik Kencana Putri (wanita) dari Banjar Adat Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga. Dan Sanggar Tari dan Tabuh Natya Praja (anak-anak) dari Banjar Dinas Saraswati, Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg.

Selain itu juga akan ditampilkan Arja Klasik Sanggar Canging Mas. Dan untuk kegiatan lomba akan diikuti Gender Wayang Anak -anak dari Sanggar Seni Kembang Bali, Banjar Tunjuk Kelod, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan. Blaganjur Remaja Sekaa dari Blaganjur Karang Taruna Yowana Priyahita juga dari Desa Tunjuk. Kemudian Taman Penasar oleh Sanggar Seni Naya Genggong dari Banjar Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan dan Tari Barong Ket dari Komunitas Kuri Barong Tabanan, Banjar Selanbawak Kelod, Desa Selanbawak, Kecamatan Marga. *des

Komentar