nusabali

Warga Desa Dauh Puri Kaja Gelar Lomba Kreativitas Olahan Singkong

  • www.nusabali.com-warga-desa-dauh-puri-kaja-gelar-lomba-kreativitas-olahan-singkong

DENPASAR, NusaBali
Warga Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, menggelar lomba kreativitas olahan singkong, bertempat di SD No 4 Dauh Puri, Minggu (19/2).

Perbekel Dauh Puri Kaja I Gusti Ketut Sucipta ST, mengatakan lomba ini diikuti seluruh Tim Penggerak PKK Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja. Tujuannya agar ibu-ibu bisa mengolah berbagai makanan dari bahan non beras. Diharapkan nantinya hasil kreasi itu dapat dijadikan sebagai penambah ekonomi keluarga maupun dalam pelaksanaan Posyandu. “Melalui lomba ini TP PKK akan menjadi kreatif dalam mengelola pangan dari bahan non beras, salah satunya singkong,” kata Sucipta.

Menurutnya, singkong tidak hanya diolah menjadi keripik, direbus, maupun digoreng, melainkan memiliki potensi lain karena bisa menjadi bahan pengganti nasi. Selain itu, singkong juga bisa diolah menjadi berbagai bahan masakan untuk dessert, snack, hingga main course.

Dia menuturkan salah satu kriteria penilaian dilihat dari komposisi gizi dalam makanan olahan singkong. Karena singkong banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kesulitan tersendiri saat diolah. Kriteria lain mengenai penjurian meliputi kreativitas, kebersihan, kekompakan, waktu, penampilan, serta cita rasa.

Dia mengharapkan melalui lomba ini ke depan mampu menumbuhkan kesadaran di masyarakat terkait penggunaan singkong sebagai bahan baku makanan. *bin

Komentar