nusabali

SNPMB 2023, Undiksha Siapkan 5.100 Kuota Mahasiswa Baru

  • www.nusabali.com-snpmb-2023-undiksha-siapkan-5100-kuota-mahasiswa-baru

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menyiapkan 5.100 kuota mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023.

SNPMB Tahun 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), meliputi tiga jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Ketiga jalur seleksi tersebut memiliki kuota atau daya tampung yang berbeda, yakni jalur SNBP sebesar 20 persen dari daya tampung keseluruhan atau sekitar 1.020 mahasiswa, SNBT sebesar 50 persen atau 2.550 mahasiswa, dan Seleksi Mandiri sebesar 30 persen atau 1.530 mahasiswa. "Untuk pendaftaran SNBP sudah dimulai 14 sampai 28 Februari 2023. Semoga ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para calon mahasiswa," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Prof Dr Gede Rasben Dantes, Selasa (14/2).  

Selain program Diploma dan Sarjana, Undiksha juga membuka penerimaan mahasiswa program Pascasarjana. Undiksha menawarkan berbagai program studi, baik kependidikan maupun non kependidikan. Hingga sejumlah prodi yang baru dibuka, seperti S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, dan S1 Fisika, dan sejumlah prodi lainnya di tingkat D4.

Raasben Dantes menyebutkan, Undiksha berkomitmen mendukung pemerintah dalam peningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi. Perguruan tinggi di Bali Utara ini pun menawarkan biaya pendidikan yang bervariatif. Selain itu juga ada sejumlah beasiswa, baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

"Uang Kuliah Tunggal (UKT) Undiksha dirancang untuk bisa dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Kami berharap anak-anak muda yang memiliki potensi akademik untuk tetap bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi," tutupnya. *mz

Komentar