nusabali

Akademisi Undiksha Dukung Pengembangan Desa Wisata

  • www.nusabali.com-akademisi-undiksha-dukung-pengembangan-desa-wisata

SINGARAJA, NusaBali
Akademisi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Prof. Dr. I Gede Astra Wesnawa, M.Si mendukung pengembangan desa wisata di Pulau Dewata melalui berbagai program riset penelitian bekerja sama dengan pemerintah dan pelaku wisata.

"Hal penting yang harus dikemas dalam rangka mengembangkan desa wisata adalah kolaborasi dan kerja sama terhadap potensi dan kearifan lokal yang ada," kata I Gede Astra Wesnawa di Kota Singaraja, Buleleng, Sabtu (11/2).

Ia mengatakan, pihaknya merancang pengembangan desa wisata berbasis ekonomi kreatif di masing-masing desa, baik dari segi potensi, keunggulan, kuliner, kondisi alam dan lain sebagainya.

Menurutnya pengembangan desa wisata harus memiliki pemetaan dan konsep matang sebagai upaya memberikan peluang dan kesempatan yang seimbang kepada para pengelola desa wisata.

Gede Astra Wesnawa mencontohkan, desa wisata yang memiliki potensi yang hampir sama yang lokasinya berdekatan tentu akan rentan konflik dalam pengembangannya sehingga diperlukan intensifikasi terkait dengan potensi terkait ekonomi kreatifnya.

Khusus di Bali bagian utara, pihaknya melihat beberapa desa yang cukup potensial berkembang sebagai model desa wisata seperti Desa Sudaji, Desa Sidatapa dan Desa Wanagiri.

Saat ini desa-desa tersebut telah didukung dengan keberadaan penginapan atau homestay dan sarana pariwisata lainnya yang dapat diakses oleh para wisatawan baik domestik dan mancanegara. "Kami melihat bahwa secara umum desa wisata di Bali telah melakukan pembenahan baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM)," kata dia.

Ia menambahkan kehadiran Undiksha sebagai salah satu kampus terbesar di Pulau Dewata juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam hal pengembangan desa wisata yang semakin baik di masa mendatang.

"Kami berharap ke depannya desa wisata semakin baik. Kami juga telah merancang traveling pattern sehingga nanti desa wisata yang ada tidak berdiri sendiri, tetapi dapat bergerak dari satu desa wisata ke desa wisata lainnya," pungkas Astra Wesnawa. *ant

Komentar