nusabali

Jaksa Edukasi Pelajar Terkait Perundungan Melalui Dunia Maya

  • www.nusabali.com-jaksa-edukasi-pelajar-terkait-perundungan-melalui-dunia-maya

MANGUPURA, NUsaBali
Kejaksaan Negeri Badung melalui ‘Program Jaksa Masuk Sekolah’ mengedukasi pelajar di beberapa sekolah, terutama terkait masalah perundungan dunia maya atau cyberbullying.

Kepala Kejaksaan Negeri Badung Imran Yusuf, Rabu (8/2/2023), mengatakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah pada intinya bertujuan memberikan edukasi dini kepada anak-anak usia sekolah terkait pengetahuan tentang hukum, khususnya soal berbagai konsekuensi hukum dari tindakan perundungan melalui media sosial terhadap orang lain.

“Segala sesuatu yang dilakukan oleh siswa-siswi, baik di sekolah maupun dalam bersosialisasi di masyarakat, semua ada konsekuensi hukum, khususnya dalam penggunaan sosial media,” kata Imran.

Hal ini penting dan mendesak, kata dia, lantaran tingginya angka perundungan di sektor pendidikan seperti yang dilansir oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa sepanjang tahun 2022, terdapat lebih dari 226 kasus kekerasan fisik dan psikis, termasuk perundungan terjadi di lingkungan sekolah.

Menurut Imran, bukan tidak mungkin hal serupa dapat terjadi dan menimpa pelajar yang ada di wilayah Badung. Oleh karena itu melalui Jaksa Masuk Sekolah merupakan momentum yang strategis untuk mengampanyekan gerakan melawan perundungan atau kekerasan lain berbasis media sosial.

Imran mengatakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) juga merupakan wujud nyata kinerja pemerintah melalui Program Nawa Cita pada poin kedelapan yakni melakukan revolusi karakter bangsa yang menitikberatkan pada revolusi karakter bangsa di bidang pendidikan nasional.

Oleh karena itu, kata dia, Kejari Badung mengambil bagian dalam tugas tersebut sebagai salah satu langkah strategis dan efektif dalam mewujudkan revolusi karakter bangsa di bidang pendidikan.

Imran mengatakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini merupakan salah satu program penyuluhan hukum yang khusus ditujukan kepada anak-anak sekolah, baik tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama (maupun sekolah menengah atas.

Pada Rabu (8/2/2023) sekitar pukul 09.00 Wita, Kejaksaan Negeri Badung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di Sekolah Dasar No 3 Sading di Umahanyar, Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa yang didampingi oleh Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Kabupaten Badung, kepala sekolah beserta guru dan wali kelas SD No 3 Sading.

Imran berharap dengan kegiatan tersebut, para pelajar bisa menjadi lebih paham dan bijak bersosial media serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. *ant

Komentar