nusabali

Pohon Tumbang Timpa Kabel, Palinggih Merajan Warga Roboh

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-kabel-palinggih-merajan-warga-roboh

NEGARA, NusaBali
Angin kencang pada Senin (6/2) malam, mengakibatkan sebatang pohon tumbang menimpa kabel listrik di Banjar Katulampa, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana.

Kabel listrik yang tertimpa pohon itu sempat jatuh terpental hingga merobohkan sebuah bangunan palinggih di merajan warga. Bangunan palinggih yang rusak akibat terpental kabel listrik tersebut milik keluarga I Ketut Warnata, 50, yang merupakan penjaga Bendungan Benel. Peristiwa itu berawal dari musibah salah satu pohon jati di kebun tetangga korban atas nama I Putu Wahyu yang tumbang diterpa angin kencang pada Senin sekitar pukul 21.00 Wita.

Saat tumbang, pohon jati yang kondisi akarnya sudah lapuk itu tepat menimpa kabel listrik yang berada di pinggir jalan. Akibat tertimpa pohon, klem atau pegangan kabel pada tiang listrik terlepas sehingga kabel terpental dan menghantam bangunan palinggih korban hingga roboh.

Kapolsek Melaya AKP I Putu Raka Wiratma yang sempat mengecek ke lokasi, Selasa (7/2), mengatakan tidak ada korban luka maupun jiwa dalam musibah pohon tumbang tersebut. Namun kerusakan bangunan palinggih warga dari rentetan musibah pohon tumbang, itu ditaksir mengakibatkan kerugian materiel sebesar Rp 11 juta.

“Yang kena satu palinggih. Palinggihnya itu roboh karena terseret kabel listrik yang lepas akibat tertimpa pohon. Jarak antara lokasi pohon tumbang dengan merajan korban ada sekitar 400 meter,” ujar AKP Raka.

Terkait pohon jati yang tumbang, kata AKBP Raka, sudah dievakuasi pemilik dan warga sekitar. Begitu juga dari pihak PLN telah memperbaiki instalasi kabel di lokasi. *ode

Komentar