nusabali

18 Mahasiswa Undiksha Praktik Mengajar di Thailand dan Filipina

  • www.nusabali.com-18-mahasiswa-undiksha-praktik-mengajar-di-thailand-dan-filipina

SINGARAJA, NusaBali
18 mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja mengikuti program Praktik Lapangan Persekolahan Luar Negeri (PLP-LN).

Mereka dikirim ke negara Thailand dan Filipina untuk praktik mengajar. Pelepasan mahasiswa program PLP-LN ini dilakukan, Senin (6/2).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Prof Dr Gede Rasben Dantes mengatakan program ini dilaksanakan bekerja sama dengan Prince of Songkla, Thailand dan Tarlac Agricultural University, Filipina. Mahasiswa tersebut akan mengikuti program pada  kedua universitas tersebut mulai 13 Februari - 10 Maret 2023.

Program internasionalisasi Undiksha ini diikuti oleh 18 mahasiswa yang terdiri atas 11 orang dari program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 4 orang dari Prodi Pendidikan Biologi, 2 orang dari Program Pendidikan Fisika, dan 1 orang dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini telah melewati serangkaian tahapan seleksi, mulai dari English Proficiency Test (EPT), wawancara Bahasa Inggris dan terkait program PLP, dan tes psikologi.

Prof Rasben Dantes mengatakan, pelaksanaan program ini adalah salah satu bentuk dari program internationalization at home yang dicanangkan oleh Rektor Undiksha pada tahun 2019. "Melalui program ini, Undiksha ingin menjadi rumah belajar bagi masyarakat Internasional, baik mengambil program degree maupun non degree," katanya.

Dari program ini pula, mahasiswa dan dosen dapat menimba pengalaman internasional. Sejalan dengan program ini, Undiksha mengirim civitas akademikanya, baik mahasiswa maupun dosen ke luar negeri dalam bentuk student exchange, faculty exchange, maupun pertukaran dosen.
"PLP ini adalah salah satu bentuk implementasinya.  

Sebagai penyelenggara program, Undiksha hadir untuk membantu mahasiswa melalui berbagai skema, salah satunya memberikan bantuan pendanaan sesuai dengan sosial ekonomi mahasiswa," imbuh Prof Rasben Dantes.

Hal itu diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa dalam mengikuti program internasional, baik PLP maupun program yang lain.

Dia menambahkan, mahasiswa yang mengikuti program ini adalah representasi dari Undiksha. Karena itu mahasiswa diminta menjaga sikap dan menunjukkan kemampuan akademiknya. Pasca mengikuti program, mahasiswa juga diharapkan dapat berbagi pengalaman atau praktik kepada mahasiswa lainnya.

Adapun PLP-LN kali ini dilaksanakan sepenuh secara luring. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang secara daring karena adanya pandemi Covid-19. Selain dengan perguruan tinggi di Thailand dan Filipina, Undiksha juga bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Vietnam dan Malaysia dalam program ini. *mz

Komentar