nusabali

Tumbang, 4 Pohon Hadang Arus Lalin

  • www.nusabali.com-tumbang-4-pohon-hadang-arus-lalin

AMLAPURA, NusaBali
Setelah sebelumnya 11 pohon tumbang di Karangasem akibat hujan lebat dan angin kencang, kali ini kembali terjadi musibah yang sama.

Empat 4 pohon tumbang di tempat berbeda hingga menghadang arus lalulintas setempat. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem I Putu Eka Putra Tirtana mengoordinasikan penanganan itu, di empat lokasi, salah satunya di Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, Selasa (7/2).

Pohon aren yang tumbang di Banjar Wates Tengah pada pukul 06.30 Wita, menimpa akses jalan kabupaten. Karena akar pohon ini lapuk dan cukup berat menahan beban karena basah. Tinggi pohon 12 meter dan diameter 40 cm.

Perbekel Duda Timur I Gede Pawana yang melaporkan bencana itu, ke BPBD Karangasem. Dari laporan itu, datang 4 petugas BPBD dibawah Koordinasi Kabid Kedaruratan dan Logistik I Putu Eka Putra Tirtana, dengan membawa 2 chainsaw. “Pohon aren itu tumbuh di pinggir jalan, cukup tinggi, roboh ke jalan raya setelah semalam hujan mengguyur di samping karena tiupan angin kencang,” jelas Pawana.

Pawana mensyukuri saat kejadian tidak ada pengendara melintas sehingga terhindar dari korban jiwa. Diamengapresiasi gerak cepat petugas BPBD Karangasem melakukan penanganan. Sehingga akses jalan lancar kembali, yang sebelumnya sempat terhalang.

Sedangkan pohon Poh-poh tumbang di Lingkungan Penaban, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, panjang 15 meter dan diameter 25 cm, juga menimpa askes jalan.

Pohon waru juga menimpa akses jalan di Banjar Timbul, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, dan pohon mahoni tumbang di Banjar Pakel Desa Gegelang, Kecamatan Manggis.

Di bagian lain, Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, selain petugas melakukan penanganan pohon tumbang, juga turun ke lokasi bencana membagikan bantuan yang rumahnya tertimpa pohon, Senin (6/2). “Kami membawakan bantuan untuk  11 korban yang rumahnya tertimpa pohon,” jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa. Setiap korban mendapatkan sepaket bantuan berupa kompor gas, sembako, selimut, matras, dan sarung.*k16

Komentar