nusabali

Kane Bawa Spurs Hajar City

  • www.nusabali.com-kane-bawa-spurs-hajar-city

Dengan 267 gol, Kane melampaui rekor 266 gol Spurs yang diukir Jimmy Greaves selama 1961-1970. Kane juga pemain ketiga yang mencetak 200 gol di EPL, setelah Alan Shearer 260 gol dan Wayne Rooney 208 gol.

LONDON, NusaBali
Striker Timnas Inggris Harry Kane membawa Tottenham Hotspur menaklukkan juara bertahan Manchester City 1-0, dalam matchday ke-22 Liga Premier Inggris, di Tottenham Hotspur Stadium, Senin (6/2) dinihari WITA. Torehan satu gol itu membuat Kane menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Tottenham, yakni 267 gol.

Kapten timnas Inggris itu mengemas gol pemecah kebuntuan ke gawang ManCity, untuk membuatnya melampaui rekor 266 gol Spurs yang diukir Jimmy Greaves, yang bermain untuk klub London itu pada 1961-1970. Kane juga pemain ketiga yang cetak 200 gol di Liga Inggris, setelah Alan Shearer 260 gol dan Wayne Rooney 208 gol.

Pemain 29 tahun itu juga berbagi gelar pencetak gol terbanyak timnas Inggris bersama Rooney. Dia mengemas gol ke-53 untuk The Three Lions saat kalah dari Prancis pada perempat final Piala Dunia 2022 Desember. Meski memiliki catatan gol bagus, Kane belum pernah memenangi satu pun trofi prestisius sepanjang kariernya.

Akibat kekalahan dari Spurs, ManCity gagal memangkas jarak dengan Arsenal. Spurs sendiri harus bermain dengan 10 orang di akhir babak kedua karena Cristian Romero mendapatkan kartu kuning kedua.

Kemenangan itu tidak mengubah posisi Spurs di klasemen sementara. Mereka di peringkat kelima klasemen sementara dengan 39 poin, atau terpaut satu poin dari Newcastle di peringkat ke-4.

Sedangkan City gagal memangkas jarak dengan Arsenal menjadi tiga poin. The Citizens saat ini masih tertinggal tiga angka dari The Gunners di puncak klasemen.

Bermain di depan pendukung sendiri, Spurs langsung menekan dan menyulitkan permainan City sejak pertandingan dimulai. Usaha mereka membuahkan gol saat pertandingan berjalan 15 menit.

Pierre-Emile Hojberg merebut bola dari pemain City sebelum memberi umpan ke Harry Kane yang tidak terkawal. Penyerang Inggris tersebut dengan menendang bola ke pojok kanan bawah gawang yang gagal dihentikan Ederson. Skor 1-0.

City mencoba langsung merespons. Mereka beberapa kali mengancam melalui tendangan Bernardo Silva pada menit ke-25 dan Rodri pada menit ke-41. Namun, pertahanan Spurs mampu mematahkan serangan tim tamu, dan skor tetap 1-0 hingga akhir laga.

Kekalahan itu seperti ‘kutukan’ terhadap Pep Guardiola dan ManCity, yang disebut tidak hoki jika berlaga di Tottenham Hotspur Stadium. Dalam lima lawatan di kandang Spurs dalam lanjutan Liga Inggris, City  selalu menuai kekalahan.

Guardiola pun mengakui kalau bermain di Tottenham Hotspur selalu menyulitkan. Dia mengatakan, sebagian besar waktu untuk datang ke kandang Spurs selalu gagal memenangkan pertandingan.

“Tidak mudah bermain di sini dan dengan permainan yang mereka terapkan. Ini sepak bola, Arsenal kalah dan ada peluang bagus tapi kami tahu betapa sulitnya di stadion ini," kata Guardiola.

Sementara itu, pelatih Spurs Antonio Conte senang sekali Tottenham mengalahkan ManCity. Tidak lupa Conte juga menyelamati Harry Kane.

Ya, Conte absen mendampingi Tottenham saat menjamu City, karena di Italia untuk menjalani operasi pemulihan batu ginjal.

Belum diketahui kapan Conte akan mendampingi tim lagi, sehingga posisinya diisi sementara asisten manajer Christian Stellini.   Conte juga mengunggah postingan di akun Instagramnya untuk memberi selamat atas kemenangan Tottenham Hotspur.*

Komentar