nusabali

Vovinam Try Out ke Kamboja

  • www.nusabali.com-vovinam-try-out-ke-kamboja

JAKARTA, NusaBali
Atlet vovinam diagendakan try out sebelum SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Mei.

Mereka akan mengikuti kejuaraan di Kamboja, yakni turnamen pra SEA Games. "Rencana kami try out ke Kamboja. Di sana ada kejuaraan Pra SEA Games dari 25-30 Maret 2023," ujar manajer Timnas Vovinam Indonesia Isnaldi Muhdi Dini , Sabtu (4/2).


Sedangkan atlet vovinam sendiri telah berlatih sejak Oktober 2022 di GOR Debes, Tabanan, Bali. Pelatnas tim vovinam diikuti 21 atlet dan mayoritas dari Pulau Dewata. Mereka akan berlaga dalam 22 nomor dan ditargetkan empat medali emas dalam Pra SEA Games itu.

Menurut Isnaldi Muhdi, keempat medali emas dapat berasal dari siapa pun. Sebab setiap atlet memiliki peluang sama untuk meraihnya. Mereka juga telah menyiapkan diri dengan baik selama di Pelatnas, dan fokus pemantapan teknik.

"Persiapan kami saat ini, sudah training camp di Bali. Melakukan latihan rutin dari Senin hingga Sabtu. Lalu latihan fisik dan teknik juga dilakukan. Kini, kami masih fokus terhadap pemantapam teknik karena banyak nomor yang diikuti,"klata Isnaldi Muhdi.

Menurutnya, beberapa atlet vovinam tidak hanya berlaga dalam satu nomor, seperti Ni Made Ayu Ratih Daneswari (Ratih) dan I Gusti Agung Gede Ary Wirawan Wetan (Ary Wetan). Ratih pada SEA Games 2022 Vietnam hanya tanding di Da Luyen Vu Khi Nu (1 Female Defense Againts 3 Males with Weapon). Sedangkan di SEA Games 2023 Kamboja, dia turun di Cross From (Thap Tu Quyen) dan Aspect Broadword Single From.

Sedangkan Ary Wetan di SEA Games 2022 Vietnam turun di Da Luyen Vu Khi Nam (Multiple Training - 01 Player Defends Against 03 Other With Weapon). Di SEA Games 2023 nanti, dia tidak hanya berlaga di nomor tersebut. Melainkan di Dong Doi Kiem Nam (Male Ying Yang Sword Form Team, 4 Males) pula.

Karena itulah, kata Isnaldi Muhdi, mereka akan mengasah kemampuannya di nomor tersebut pada Pra SEA Games Kamboja. Pesaing kuat atlet Indonesia adalah Vietnam, karena cabang olahraga itu berasal dari sana. Tak ketinggalan tuan rumah Kamboja dan Myanmar juga perlu diwaspadai karena perkembangannya cukup pesat. Usai Pra SEA Games Kamboja, atlet vovinam Indonesia dijadwalkan Training Camp (TC) sampai mendekati SEA Games. "Rencana TC pada bulan April-Mei ke Vietnam," kata Isnaldi. *k22

Komentar