nusabali

Wamendes PDTT Apresiasi Inovasi Desa Budaya Kertalangu

  • www.nusabali.com-wamendes-pdtt-apresiasi-inovasi-desa-budaya-kertalangu

DENPASAR, NusaBali
Wakil Menteri (Wamen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi meninjau kawasan di Teba Majalangu, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Minggu (5/2).

Kedatangannya ke kawasan tersebut karena Teba Majalangu Desa Kesiman Kertalangu menyabet penghargaan tingkat nasional, sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerta Sari Utama sebagai Desa Inspiratif, kategori Unik dan Inovatif.

Budi Arie didampingi Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana memberikan apresiasi saat melihat langsung kawasan Teba Majalangu Desa Kesiman Kertalangu yang dikelola dan dikembangkan oleh perangkat desa setempat.

“Saya mengapresiasi bagaimana kawasan Desa Kesiman Kertalangu ini dikelola dengan sangat baik, unik, dan inovatif. Sebagai sebuah desa di tengah perkotaan, tentu ini telah memberi warna tersendiri bagi masyarakat karena keberadaannya mampu memberikan edukasi tentang kedekatan dengan alam dalam nuansa budaya Bali yang kental,” ujarnya.

Menurutnya, pengelolaan kawasan Desa Budaya Kertalangu sebagai sebuah destinasi edukasi berbalut desa wisata dinilai dapat mendongkrak pemberdayaan masyarakat desa setempat. Bahkan Budi Arie mendorong agar pihak BUMDes Kerta Sari Utama dan Desa Kesiman Kertalangu bisa terus berinovasi melalui gebrakan-gebrakan sehingga bisa semakin meningkatkan prestasi.

Perbekel Kesiman Kertalangu I Made Suena menjelaskan, keberhasilan kawasan Desa Budaya Kertalangu di kancah nasional karena Desa Budaya Kertalangu bisa dijadikan sebagai wadah edukasi bagi masyarakat, terutama anak-anak agar bisa mencintai alam.

Menurutnya, penghargaan yang diraih akan menjadi motivasi bagi pihak Desa Budaya Kertalangu, Desa Kesiman Kertalangu serta BUMDes Kerta Sari Utama untuk terus memikirkan ide dan kreativitas baru dalam pengembangan kawasan.

“Kami terus akan melakukan inovasi dan kreasi yang dapat menunjang pengembangan kawasan ini. Seperti nanti rencananya kami akan ada glamping atau penambahan fasilitas lainnya. Dan juga festival atau acara seni budaya bagi masyarakat yang akan diadakan dalam waktu dekat,” kata Suena. *mis

Komentar