nusabali

Lupa Matikan Dupa, Bale Piasan di Buduk Ludes saat Jejeg Ai

  • www.nusabali.com-lupa-matikan-dupa-bale-piasan-di-buduk-ludes-saat-jejeg-ai

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebuah bale piasan di Pura Dalem Batur Sari, Banjar Sengguan, Desa Adat Buduk, Kecamatan Mengwi ludes terbakar pada Minggu (5/2/2023).

Peristiwa terbakarnya sebuah bale untuk meletakan sesaji sekaligus tempat pendeta maweda ini terjadi pada waktu jejeg ai atau pukul 12.00 Wita, saat terik cahaya matahari tegak tepat berada di atas kepala.

Kobaran si jago merah itu sudah diketahui Bhabinkamtibmas Desa Buduk, Aiptu I Ketut Wirawinata setelah mendapat laporan dari warga setempat yakni I Kadek Yudiarta, 53.

Namun, lokasi pura yang berada di areal persawahan atau wilayah Subak Ayung menyebabkan proses pemadaman api sempat terganjal. Sebab, lokasinya sulit dijangkau mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badung.

Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana menjelaskan bahwa akibat kesulitan mobil pemadam kebakaran menjangkau lokasi kejadian, jiwa gotong-royong warga tergerak.

“Walhasil, petugas Diskramat Badung dibantu oleh warga setempat melakukan proses pemadaman manual dengan sumber air terdekat,” ungkap Darsana ketika dikonfirmasi pada Minggu sore.

Berkat kerja keras dan kerja sama petugas Diskramat Badung dan warga setempat, kobaran api berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam. Sayangnya, bale piasan tersebut sudah hangus tinggal puing. Tiang-tiang penyangga atau saka dari bangunan pun sebagian sudah menjadi arang.

Akibat kejadian ini, kerugian yang ditanggung pangempon pura swagina ini ditaksir mencapai Rp 100 juta.

“Pemicu kejadian belum dapat dipastikan 100 persen. Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan oleh bara dupa yang lupa dimatikan setelah persembahyangan purnama kaulu,” ujar Darsana.

Beberapa daerah di Badung pada Minggu pagi sempat diguyur gerimis hingga hujan sedang. Namun, gerimis dan hujan ini juga disertai angin kencang. *rat

Komentar