nusabali

6 SD Ikuti Bulan Bahasa Bali di Antiga

  • www.nusabali.com-6-sd-ikuti-bulan-bahasa-bali-di-antiga

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, menggelar Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023, melibatkan siswa dari 6 SD.

Kegiatan hanya berupa lomba Menyalin Aksara Latin Ke Aksara Bali tingkat putra dan putri. Perbekel Antiga I Wayan Madra Arsana SE di Desa Antiga, Jumat (3/2), memaparkan tujuan lomba itu untuk melestarikan seni dan budaya Bali. Dalam lomba ini memakai kriteria, antara lain unsur seni pasang aksara, atau ketepatan ejaan, menyangkut bentuk dan komposisi tulisan (wangun, tetuek, kakuub), di antaranya mengenai kerapian, kebersihan tulisan, dan ketuntasan.

Banyak peserta lebih awal menyelesaikan tugasnya, sehingga memiliki waktu mengkoreksi. "Lomba ini sangat mempengaruhi perkembangan bahasa Bali ke depan. Anak-anak juga terpacu untuk terus belajar," jelasnya.

Jelasnya, pihak sekolah juga termotivasi terus melakukan pembinaan, agar melahirkan generasi yang tangguh dan berprestasi. Jika siswa telah mampu menguasai aksara Bali, dan mampu membaca naskah-naskah di dalam lontar, akan dapat banyak ilmu pengetahuan, berdampak pada kualitas kehidupan sosial, baik dalam adat, budaya dan agama. Sebab, semua tatanan itu tertuang dalam lontar menggunakan aksara Bali. Sehingga ke depannya, siswa bisa belajar dari warisan leluhur yang tertuang dalam lontar.

Lomba tersebut juga jadi kesempatan para siswa untuk memperdalam aksara Bali. Kegiatan itu juga merupakan bagian dari pendidikan budi pekerti. Sebab, penulisan aksara Bali juga mengajarkan sikap yang baik.

"Saya mengapresiasi antusias siswa ambil bagian dalam lomba nyurat aksara Bali di Bulan Bahasa Bali tahun 2023 ini, banyak karya siswa yang berkualitas dan berbakat," kata Perbekel Madra Arsana.

Dewan juri menetapkan juara di kelompok putra, yakni juara I I Komang Messi Widiarta kelas IV SDN 4 Antiga skor 919, juara II I Made Satriya Dwi Aryadi kelas VI SDN 6 Antiga  skor 908, dan juara III I Wayan Bayu Sena Wardana kelas VI SDN 2 Antiga skor 898. Kelompok putri, juara I Aliya Rahmawati kelas V SDN 6 Antiga skor 941, juara II Ni Kadek Dwitya Juliantari kelas IV SDN 4 Antiga skor 933, dan juara III Ni Putu Meta Permata Sari kelas VI SDN 1 Antiga skor 917. *k16

Komentar