nusabali

Tabanan Rancang Museum Air

  • www.nusabali.com-tabanan-rancang-museum-air

TABANAN, Nusa Bali
Kabupaten Tabanan bakal dibangun Museum Air pada tahun 2024 mendatang.

Sesuai koordinasi dengan Kementreian PUPR, Museum Air direncanakan dibangun di areal Museum Subak yang berada di wilayah Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri.

Pembangunan Museum Air disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat melaksanakan kegiatan tatap muka di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Jumat (3/2). "Saya kira paling lambat pembangunan tahun 2024 melalui dana pusat," jelasnya.

Menurutnya Museum Air dibangun untuk mendukung keberadaan Museum Subak, sehingga dibangun di atas lahan milik Pemprov Bali. "Pembangunan ini masih didiskusikan dengan Pak Menteri PUPR," katanya.

Sementara mengenai dengan anggaran untuk pembangunan itu belum bisa disebutkan, karena masih akan didiskusikan. "Anggaran belum, intinya pembangunan nanti menggunakan anggaran pusat," tegas Wayan Koster.

Selain akan membangun Museum Air, Koster juga merencanakan pembangunan di Danau Beratan. Konsep pembangunan ini untuk membuat kawasan menjadi tertata dan rapi. "Rencana ini masih dibuat DED (Detail Engenering Design," tandasnya.

Sementara itu Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menyambut baik rencana tersebut. Khusus penataan di Danau Beratan ini adalah sesuai dengan visi misi Danu Kertih. "Kita sering melintas di Bedugul saat wekeend sering terjadi kemacetan agar hal tesebut teratasi sehingga dilakukan penataan," tegasnya.

Menurut dia, penataan ini akan dikerjakan dengan konsultan yang handal. Pembangunan dilakukan terintegrasi mulai dari disisi jalan dan dalam. "Intinya supaya tertib pedagang pun ada tempat berjualan," tandasnya. *des

Komentar