nusabali

Desa Sidakarya Gelar Festival Budaya Bali

Serangkaian Bulan Bahasa Bali Ke-5 Tahun 2023

  • www.nusabali.com-desa-sidakarya-gelar-festival-budaya-bali

Pemerintah Desa Sidakarya, Denpasar Selatan, rutin menggelar Festival Budaya Bali sejak 2019.

DENPASAR, NusaBali

Pemerintah Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, menggelar kegiatan bertajuk Festival Budaya Bali serangkaian Bulan Bahasa Bali ke-5 Tahun 2023, bertempat di Kantor Desa Sidakarya, Jalan Sidakarya, Denpasar Selatan, Jumat (3/2) sore. Sejumlah lomba digelar dalam Festival Budaya Bali Desa Sidakarya kali ini, yakni lomba nyurat aksara Bali (26 peserta siswa SD), masatua krama istri (6 peserta), dan ngwacen lontar (12 peserta). Para pemenang lomba akan berlaga di tingkat Kota Denpasar, bahkan lanjut ke tingkat provinsi.

Kepala Desa Sidakarya I Wayan Madrayasa menyampaikan, sejalan dengan Peraturan Daerah Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, Pemerintah Desa Sidakarya menggelar Festival Budaya Bali sejak 2019.

“Kami di Desa Sidakarya sangat concern dengan pemberdayaan bahasa Bali. Kebetulan kita ada penyuluh bahasa Bali dari Dinas Kebudayaan Bali yang membina anak-anak kita,” ujar Madrayasa ditemui di sela kegiatan.

Madrayasa mengatakan, Pemerintah Desa Sidakarya juga menganggarkan kegiatan Festival Budaya Bali Desa Sidakarya ke dalam APBDes setiap tahunnya. Menurutnya antusiasme masyarakat Desa Sidakarya melestarikan aksara, bahasa, dan sastra Bali cukup tinggi terlihat dari jumlah peserta anak-anak yang cukup banyak.

“Semoga generasi muda ikut bergerak mempertahankan budaya Bali khususnya aksara, bahasa, dan sastra Bali,” tandasnya.

Penyuluh Bahasa Bali di Desa Sidakarya, Wayan Yogik Aditya Urdhahana, menyampaikan kegiatan pembinaan bahasa Bali sudah dilakukannya sejak 2016. Saat ini, setiap hari Rabu anak-anak di Desa Sidakarya mendapat pembinaan terkait aksara, bahasa, dan sastra Bali, bertempat di kantor desa. Sementara setiap pertengahan Januari, Pemerintah Desa Sidakarya khusus memfasilitasi pembinaan bahasa Bali untuk menyambut pelaksanaan Bulan Bahasa Bali.

“Anak-anak sangat antusias, acara Festival Budaya Bali Desa Sidakarya ini cukup bergaung,” kata Yogik, Koordinator Penyuluh Bahasa Bali di Kota Denpasar.

Dikatakannya, para pemenang lomba bahasa Bali di tingkat desa ini akan lanjut mengikuti lomba serupa tingkat Kota Denpasar masih serangkaian pelaksanaan Bulan Bahasa Bali 2023. Jika kembali meraih juara maka akan mendapat kesempatan mewakili Kota Denpasar pada lomba Bulan Bahasa Bali di tingkat Provinsi Bali. *cr78

Komentar