nusabali

Awal Tahun 2023, Pemkab Gianyar Diganjar Berbagai Penghargaan

  • www.nusabali.com-awal-tahun-2023-pemkab-gianyar-diganjar-berbagai-penghargaan

GIANYAR, NusaBali
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar meraih berbagai penghargaan di awal tahun 2023.

Pemkab Gianyar diganjar penghargaan Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik, Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT hingga Pemerintah Daerah Berkinerja Terbaik Penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran 2022.

Penghargaan pertama datang dari Ombudsman RI. Berdasarkan Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022, Gianyar ada pada zona hijau yang berarti kualitas tertinggi dengan nilai 89,77. Hasil penilaian kepatuhan merupakan penggabungan atas hasil kinerja empat dimensi penilaian dengan kategori penilaian. Zonasi hijau dengan kategori kualitas tertinggi dan tinggi, zonasi kuning dengan kategori kualitas sedang, dan zonasi merah dengan kategori kualitas rendah dan terendah.

Penilaian empat dimensi itu merupakan upaya Omdusman RI untuk memperkuat pengawasan dan mencegah maladministrasi. Penilaian kepatuhan standar pelayanan publik menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui pengumpulan data berupa wawancara kepada penyelenggara layanan, wawancara masyarakat, observasi ketampakan fisik (tangible), dan pembuktian dokumen pendukung standar pelayanan. Penilaian dilakukan pada kurun waktu Agustus-November 2022.

Ada pula penghargaan sebagai Juara 1 Tingkat Nasional kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT dalam BKN Award Tahun 2022 dengan kategori pemerintah kabupaten wilayah tengah tipe besar. Penghargaan tersebut diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing. Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN. Ada juga penghargaan atas capaian penyelesaian 100% masalah Data Anomali.

Pembangunan di Kabupaten Gianyar tidak hanya berpaku pada penataan kota ataupun sistem pemerintahan yang baik saja. Pembangunan hingga ke pelosok desa dengan menyalurkan dana desa tercepat sehingga kepala desa bisa memulai pembangunann dengan lebih cepat. Hal tersebut mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kepala KPPN Denpasar sebagai pemerintah daerah berkinerja terbaik penyaluran dana desa Tahun Anggaran 2022.

Tak hanya penyaluran dana desa tercepat, Kabupaten Gianyar juga mampu mengimplementasikan kebijakan kementerian dalam pemanfaatan dana desa. Seperti keberhasilan Gianyar memanfaatkan lebih dari 22% dana desa untuk ketahanan pangan dari minimal yang ditetapkan 20% oleh Kemendes dan Kementerian Keuangan. Hal tersebut menjadikan Gianyar sebagai kabupaten dengan pemanfaatan dana desa untuk ketahanan pangan tertinggi se-Indonesia.

Keberhasilan Gianyar tidak terlepas dari komitmen Bupati Gianyar I Made Mahayastra dalam membangun Gianyar dari berbagai sektor. Mulai dari desa hingga kota serta manajemen ASN dan pelayanan publik yang baik. *nvi

Komentar