nusabali

Lerby Absen Hingga Liga 1 Berakhir

  • www.nusabali.com-lerby-absen-hingga-liga-1-berakhir

MANGUPURA, NusaBali
Striker Bali United Lerby Eliandry Pong Babu butuh waktu pemulihan sekitar enam bulan, usai cedera serius menjelang putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023.

Lerby butuh waktu cukup lama kembali ke lapangan, bahkan diprediksi hingga Liga 1 berakhir. Menurut dokter tim Bali United, Ganda Putra pada Rabu (1/2) Lerby cedera di lapangan saat persiapan di Bali sebelum melawan Persija Jakarta (15/1) di Bekasi. Begitu cedera, Lerby langsung ditangani tim medis sesuai prosedur.

"Tidak lama dari kejadian cedera waktu itu, kami tim medis langsung melakukan pemeriksaan penunjang dan hasilnya terjadi robekan. Maka, kami lakukan tindakan operasi untuk Lerby,” kata Ganda Putra.

Ganda Putra menyebutkan, tendon adalah tali jaringan yang panjang dan kuat yang menghubungkan otot ke tulang. Tendon achilles ini yang terbesar dalam tubuh manusia yang terletak di bagian belakang tumit dan menghubungkan tulang tumit dengan otot betis. Tendon ini berfungsi membantu berjalan, berlari dan melompat, terutama bagi atlet yang memanfaatkan penuh fungsi tendon tersebut.

"Lerby kemungkinan absen sepanjang putaran kedua Liga 1 demi meningkatkan kondisinya pasca operasi yang dijalani," tegas Ganda Putra.

Selanjutnya, kata Ganda Putra, Lerby akan menjalankan tindakan penguatan otot dan latihan kurang lebih enam bulan ke depan. Setelah itu baru diberikan latihan khusus sampai nanti dia return to sport lagi.

Ganda Putra pun menambahkan, absennya Lerby menambah deretan pemain Bali United yang masih dalam tahap pemulihan pasca operasi. Sebelumnya ada Kadek Agung, Sidik Saimima, Gunawan Dwi Cahyo, dan Made Andhika Wijaya.

Pelatih kepalaBBali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra mendoakan yang terbaik bagi proses recovery pemain asal Samarinda tersebut.

“Dia menjalani program bersama dokter dan tim fisioterapi di Bali," kata Teco.  Tanpa Lerby di lini depan, Teco masih memiliki opsi, yakni striker utama Ilija Spasojevic yang mengemas 11 gol dan pemain muda Kadek Dimas Satria yang memiliki peluang mengisi ujung tombak Bali United. *dek

Komentar