nusabali

Kecak Barong Legong Bangga Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Gianyar

  • www.nusabali.com-kecak-barong-legong-bangga-sambut-kedatangan-presiden-jokowi-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali.com - Ratusan penari, penabuh, pagar ayu antusias menyambut kunjungan Presiden RI Joko Widodo di bumi seni Gianyar, Rabu (1/2/2023) sore. Bahkan ratusan penari ini sudah bersiap sejak pagi.

Namun hingga Pukul 16.50 WITA, belum ada tanda-tanda kedatangan Presiden Jokowi. Meski demikian, seniman tetap setia menanti. Mereka bangga bisa ditunjuk untuk menampilkan ragam seni yang berkembang di Kabupaten Gianyar. 

Seperti diungkapkan seniman lawak Jro Mangku Gede I Komang Dedi Diana SSn MSi alias Deday Tompel yang mengkoordinir Seka Kecak Barong dan Legong duta Desa Batubulan Kangin ini. "Pastinya sangat bangga, kami seniman desa bisa dilibatkan untuk menyambut Presiden RI. Tak semata finansial, dapat kesempatan ini saja sudah luar biasa," ungkapnya.

Dijelaskannya, ratusan seniman yang terlibat ini merupakan perwakilan beberapa desa di Gianyar. "Kami Batubulan Kangin menampilkan Tari Kecak, Barong dan Legong. Menurut kami, tiga hal ini cukup mewakili seni khas Gianyar sebagai bumi seni," jelasnya. 

Deday Tompel mengatakan persiapan garapan dilakukan sejak dua hari lalu. "Sempat dibilang mundur, tapi kami tetap latihan. Untung stok seniman kita banyak," terangnya. Garapan penyambutan ini dibuat sesederhana mungkin. Dari awalnya berdurasi 11 menit, dimaksimalkan menjadi 2 menit," terangnya. *nvi

Komentar